Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis lagu dan animasi materi cermin dan lensa untuk siswa SMP Hasanuddin 6 Semarang dan MTs K.R.M. Marzuki Jepara kelas VIII
Main Author: | Nasirudin, Hamam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9304/1/skripsi%20fulll%20fix.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9304/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan kerja otak secara maksimal pada mata pelajaran fisika seringkali diabaikan. Akibatnya konsentrasi siswa menurun, cepat merasa jenuh dan motivasi belajar menjadi rendah. Salah satu cara yang dapat menyeimbangkan kerja otak yaitu memasukkan konsep fisika ke dalam iringan musik yang nantinya disebut dengan lagu. Lagu tersebut juga disertai dengan animasi dan di kemas menjadi satu dalam bentuk video. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran fisika berbasis lagu dan animasi serta menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis lagu dan animasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP/MTs kelas VIII materi cermin dan lensa. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu model pengembangan Borg and Gall yang hanya diambil hingga langkah kelima yaitu revisi produk. Pengambilan data uji coba terbatas media pembelajaran dilakukan menggunakan instrumen berupa angket kepada ahli media, ahli materi, dan pengguna (guru). Berdasarkan hasil analisis data uji coba terbatas diketahui tingkat kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan menurut ahli media sebesar 70% , menurut ahli materi sebesar 90% , dan pengguna (guru) sebesar 90%. Media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria layak dan secara keseluruhan dinyatakan baik serta dapat digunakan dalam pembelajaran.