Efektivitas model pembelajaran learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VII MTs Darul Hasanah Semarang materi pokok segiempat tahun pelajaran 2016/2017
Main Author: | Istifaiyah, Hidayatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9302/1/133511025.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9302/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik MTs Darul Hasanah Semarang pada materi pokok segiempat tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester genap yang terbagi dalam dua yaitu kelas VII A 34 peserta didik dan kelas VII B 37 peserta didik. Jenis pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Sampling Jenuh yang mana pada teknik ini penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pendekatan penelitian yang digunakan penulis adalah Control Group Pretest and Posttest Design yaitu suatu rancangan penelitian yang menggunakan dua kelompok subjek. Dua kelompok subjek tes tersebut diberi nama kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada kelas eksperimen diberikan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan kelas kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan taraf nyata 5% diperoleh t_(hitung )=3,936 dan 〖 t〗_(tabel )=1,6715 karena t_(hitung )> 〖 t〗_(tabel )maka terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran Learning Cycle 5E efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.