Peningkatan Motivasi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik dengan Pendekatan “Tandur” dalam Pembelajaran IPS Materi Pokok Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Kelas VA Semester II di MI NU 56 Krajan Kulon Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2012/2013
Daftar Isi:
- Penelitian ini berawal dengan adanya permasalahan dalam rendahnya motivasi dan aktivitas belajar peserta didik di kelas VA semester II MI NU 56 Krajankulon Kendal pada pembelajaran IPS, yaitu dengan adanya banyak peserta didik yang sering dijumpai sibuk dengan aktivitas mereka sendiri-sendiri pada waktu mengikuti kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPS, ada yang bercerita sendiri, di sisi lain ada juga yang jenuh dengan pelajaran kemudian ada juga yang masih sempat-sempatnyatertidur pada waktu pembelajaran, sehingga dalam pembelajaran IPSmereka cenderung kurang fokus dan kurang berantusias dalam mengikuti pembelajaran. Bisa dikatakan bahwa sumber permasalahan berawal dari pendidik itu sendiri dimana dalam proses pembelajaran IPShanya menggunakan metode pendekatan konvensional yang tidak begitu mengaktifkan peserta didik yang dimana selama proses pembelajaran hanya didominasi oleh guru. Maka dari itu diharapkan dengan pembelajaran melalui pendekatan “TANDUR” dapat menigkatkan motivasi dan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS materi pokok Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan kelas VA semester II di MI NU 56 Krajankulon Kendal. Penelitian ini bertujuan untukmendriskripsikan hasil dari penerapan pendekatan “TANDUR” untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS materi pokok Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan kelas VA semester II DI MU NU 56 Krajankulon Kendal. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VAMI NU 56 Krajankulon Kendal dengan jumlah 24 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, yang dimana masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Sedangkan teknik pengambilan data ada 2 metode yaitu: 1). Metode Observasi, 2). Metode Angket.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS materi pokok Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan melalui penedekatan “TANDUR”di kelas VA semester II MI NU 56 Krajankulon Kendaldi lihat dari perbandingan persentase disetiap siklusnya. Dari Pra siklus persentase motivasi 59%, siklus I 71%, siklus II 79%. Sedangkan persentase aktivitas dari pra siklus 51%, siklus I 64%, siklus II 76%.