Pengaruh Perhatian Orangtua terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MI Mazro’atul Huda Tridonorejo Bonang Demak Tahun 2011/2012
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di MI Mazro’atul Huda Tridonorejo Bonang Demak. banyak tersaksikan orangtua yang tidak mau memaksa anak-anaknya mengaji karena berasumsi mereka masih kecil, belum mengerti kewajiban mengaji. Orang tua lebih cenderung mementingkan pendidikan umum dan acuh terhadap pendidikan agama anak. Orang tua yang sibuk dengan kepentingannya sendiri dan mengabaikan perhatian dan juga pendidikan anaknya. Rumusan masalah dalam penelitan ini adalah apakah perhatian orang tua berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MI Mazro’atul Huda Tridonorejo Bonang Demak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “pengaruh perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MI Mazro’atul Huda Tridonorejo Bonang Demak”. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena responden yang berjumlah 45 siswa diambil dari populasiyang berjumlah 256. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket untuk memperoleh data variabel X yaitu perhatian orang tua dan metode tes lisan untuk variabel Y yaitu kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MI Mazro’atul Huda. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik inferensial , pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu prediktor dengan skor deviasi.pengujian hipotesis penelitian menunjukan bahwa: perhatian orang tua memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MI Mazro’atul Huda, hal ini terbukti berdasarkan analisis regresi satu prediktor yaitu, bahwa pada taraf signifikansi 5 % = 4.06 dan pada taraf signifikansi 1 % = 7.24 Maka nilai sebesar 78.702 lebih besar daripada , baik pada taraf signifikansi 5 % maupun 1 %. Dengan demikian, hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa.