Studi Komparasi Hasil Belajar antara Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Card Short dan Pembelajaran dengan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang Tahun pelajaran 2012/2013
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar IPA materi sifat dan perubahan wujud benda antara pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran card sort dan pembelajaran dengan metode demonstrasi di kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 49. Karena jumlah populasi kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel, dengan kelas IV A yang terdiri dari 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen B dan kelas IV B yang terdiri dari 24 peserta didik sebagai kelas eksperimen A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas, diuji normalitas dan homogenitasnya dengan menggunakan nilai awal (pretest). Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen A menggunakan model pembelajaran card sort dan kelas eksperimen B menggunakan metode demonstrasi. Setelah data hasil belajar dari perlakuan yang berbeda didapat, maka dilakukan prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen A (card sort) = 85,4 dan kelompok eksperimen B (demonstrasi) = 78,2, berarti hasil belajar kognitif peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran card sort lebih baik daripada peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan metode demonstrasi. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 2,27, sedangkan t tabel =1,68 Karena thitung > t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran card sort lebih baik daripada peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi sifat dan perubahan wujud benda kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Tahun Pelajaran 2012/2013.