Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Semester 2 pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Balok dan Kubus Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di MI Muhammadiyah Tanjung Sari Kecamatan Tersono Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Setya Budi, Ari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/918/1/083911019_Coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/918/2/083911019_Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/918/3/083911019_Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/918/4/083911019_Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/918/5/083911019_Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/918/6/083911019_Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/918/7/083911019_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/918/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih begitu banyak peserta didik yang mengeluh dan beranggapan bahwa matematika itu sangat sulit dan merupakan momok. Hal ini terjadi karena dalam pembelajaran matematika di kelas belum diterapkan mengenai pemahaman matematika yang mengarah kepada pemahaman dan penerapan konsep. Sehingga peserta didik dapat melihat kaitan ide satu dengan yang lainnya dalam pembelajaran matematika. Contohnya pada pembelajaran bangun ruang balok dan kubus di kelas IV semester 2, banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahaminya. Hal ini disebabkan karena pola pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang tepat. Untuk mengatasi kesulitan peserta didik kelas IV semester 2 MI Muhammadiyah Tanjung Sari dalam mempelajari materi bangun ruang balok dan kubus juga perlu diadakan perubahan dalam pola pembelajarannya. Salah satunya dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi bangun ruang balok dan kubus bagi peserta didik kelas IV semester 2 MI Muhammadiyah Tanjung Sari” STAD (Student Teams Achievement divisions) merupakan model pembelajaran kooperatif untuk pengelompokan campur yang melibatkan pengakuan tim dan tanggung jawab kelompok untuk pembelajaran individu. Dalam model pembelajaran STAD ini peserta didik di tuntut aktif dan kreatif dalam berfikir dan menyelesaikan tugas secara berkelompok. Dalam model pembelajaran STAD ini peran peserta didik lebih besar di bandingkan guru, jadi guru hanya membimbing peserta didik dan membantu permasalahan yang di hadapi oleh setiap kelompok, sehingga dalam pembelajaran STAD ini keaktifan siswa dapat lebih terlihat. Penelitian dilaksanakan di MI Muhammadiyah Tanjung Sari Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. Dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV dan dilakukan melalui dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika pada materi bangun ruang balok dan kubus melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan peserta didik tetapi belum berdampak positif terhadap hasil belajar. Hal itu disebabkan karena peserta didik masih membutuhkan waktu untuk lebih bisa menyesuaikan diri dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Guru juga belum familier bagi peserta didik. Selain itu pengalaman-pengalaman yang menyenangkan dan bermakna dapat dipetik peserta didik melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dengan itu diharapkan dapat membawa peserta didik memperoleh hasil belajar yang lebih baik pada pembelajaran bangun ruang balok dan kubus.