Mekanisme pembiayaan mikro pada produk al-mudharabah di BMT Amanah Usaha Mulia (AULIA) Magelang

Main Author: Amalia, Puteri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9099/1/TA%20LENGKAP.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9099/
Daftar Isi:
  • BMT Amanah Usaha Mulia (AULIA) Magelang merupakan salah satu jenis lembaga keuangan mikro yang beroperasional berdasarkan prinsip syariah, yang menjalankan kegiatan usahanya dengan cara menghimpun dana dari masyarakat berupa tabungan dan deposito yang kemudian disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan. BMT AULIA berdiri di daerah dengan wilayah padat penduduk, yang rata-rata para pelaku usahanya berada pada sektor mikro. Sehingga BMT AULIA yang merupakan lembaga keuangan mikro mulai mengembangan usahanya. Salah satu produk pembiayaan mikro yang dimiliki adalah produk al-mudharabah dengan pengaplikasiannya menggunakan akad mudharabah, yaitu BMT berlaku sebagai shahibul maal atau pihak yang menyediakan modal untuk calon anggota (mudharib) yang sedang membutuhkan tambahan modal untuk kegiatan usahanya. Sehingga yang akan dibahas adalah mengenai bagaimana pelaksanaan serta analisisnya terhadap mekanisme pembiayaan mikro pada produk al-mudharabah di BMT AULIA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang meneliti tentang mekanisme pembiayaan mikro pada produk al-mudharabah di BMT Amanah Usaha Mulia (AULIA) Magelang. Data penelitian ini terdiri dari data primer yang yang diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur, observasi langsung, dan studi documenter berupa nota dan aplikasi pembiayaan mikro dengan akad al-mudharabah, dan data sekunder berupa buku-buku kepustakaan yang berkait dengan penelitian dan Tugas Akhir yang telah dibuat oleh mahasiswa progam studi D3 Perbankan Syariah UIN Walisongo Semarang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil Penelitian ini membahas tentang mekanisme pembiayaan mikro dengan menggunakan produk al-mudharabah yang digunakan oleh BMT AULIA, berupa pembukaan, pelunasan atau yang biasa disebut dengan angsuran serta penutupan yang terjadi antara nasabah dengan bagian marketing dan teller. Produk ini banyak digemari dikarenakan syarat dan proses yang mudah serta adanya bonus yang akan diberikan jika nasabah tepat waktu ketika membayar angsuran. Sedangkan untuk melakukan proses analisis terhadap nasabah, BMT AULIA menggunakan prinsip 5C, yaitu Character, Capacity, Capital, Collateral, dan Condition.