Strategi pemasaran jemput bola produk Simpanan Ummat pada KSPPS BMT Marhamah Wonosobo Cabang Leksono

Main Author: Iman, Titis Fajar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9080/1/FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9080/
Daftar Isi:
  • KSPPS BMT Marhamah Leksono merupakan lembaga keuangan syariah yang bertugas menghimpun dana dari masyarakat berupa tabungan atau deposito, serta menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan. Salah satu prduk tabungan yang ada di KSPPS BMT Marhamah Leksono adalah produk tabungan Simpanan Ummat.Produk tersebut merupakan produk yang memiliki jumlah anggota yang paling banyak.Salah satu anggota atau pengguna produk Simpanan Ummat adalah para pedagang yang ada di Pasar Tradisonal Leksono.Untuk mendapatkan dan mempertahankan jumlah anggotanya pihak BMT memilih melakukan pelayanan berupa jemput bola selama dua hari dalam satu minggu. Memperhatikan hal tersebut, penulis memandang penting untuk melakukan penelitian dengan judul “ STRATEGI PEMASARAN JEMPUT BOLA PRODUK SIMPANAN UMMAT (Studi kasus pada KSPPS BMT Marhamah Wonosobo Cabang Leksono). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang diperoleh dari data primer dan sekunder, dengan pengumpulan data secara observasi, dokumentasi dan wawancara.Kemudian teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan memberikan deskripi tentang subjek yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dilakukan dalam upaya mendapatkan dan mempertahankan jumlah anggota di Pasar Tradisonoal Leksono addalah dengan cara melakukan pendekatan langsung kepada para anggota maupun calon anggota dengan cara melakukan penawaran secara intensif agar menggunakan produk Simpanan Ummat serta mengembangkan startegi bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, tempat dan promosi.