Analisis strategi pemasaran produk SIHAJI di BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Babadan
Main Author: | Rosa, Verina Alfinia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9072/1/TA%20LENGKAP.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9072/ |
Daftar Isi:
- Strategi pemasaran sebagai alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perbankan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk Sihaji (Simpanan Haji) yang dilakukan BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Babadan dan untuk mengetahui kurangnya minat anggota terhadap produk Sihaji. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengangkat judul “Analisis Strategi Pemasaran Produk Sihaji Pada BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Babadan.” Penelitian dilakukan scara kualitatif di BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Babadan. Data-data diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan dokumen serta dibahas secara deskriptif analisis, sehingga masalah dalam penelitian dapat terpecahkan dan dihasilkan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian strategi pemasaran yang dilakukan BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Babadan pada produk Sihaji (Simpanan Haji) yaitu dengan dilakukannya secara Sistenable dan Continue. Serta dengan menggunakan strategi Segmentation, Targeting, Positioning. Sementara yang menjadi faktor pendukung terhadap produk Sihaji di BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Babadan yaitu masyarakat Indonesia khususnya masyarakat sekitar BMT yang mayoritas muslim, semua muslim memiliki niat untuk ibadah haji. Adapun yang menjadi faktor penghambat yaitu calon anggota Sihaji lebih memilik untuk menjadi nasabah haji di lembaga keuangan tertentu yang sudah ditunjuk menjadi BPIH ( Bank Penerima Setoran Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji).