Strategi pemasaran produk pembiayaan cicil emas iB di Bank Syariah Mandiri KCP Ungaran

Main Author: Dewi, Radha Kusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9069/1/semua%20file%20TA.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9069/
Daftar Isi:
  • Bank Syariah Mandiri KCP Ungaran yang terletak di Jl. Diponegoro 205 C-D Ungaran merupakan salah satu Lembaga Keuangan Syari’ah yang berada di Ungaran dalam mengenalkan produknya kepada masyarakat, Bank Syariah Mandiri KCP Ungaran memerlukan pengelolan dana yang terarah. Salah satu produk yang memerlukan pengelolaan dana adalah cicil emas, yaitu fasilitas yang disediakan oleh Bank Syariah Mandiri untuk membantu nasabah untuk mebiayai pembelian/ kepemilikan emas berupa lantakan (batangan) dengan cara mudah punya emas dan menguntungkanDari pengangkatan judul strategi pemasaran produk pembiayaan cicil emas iB di Bank Syariah Mandiri dengan permasalahan yang didapat yaitu bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan dan apa saja yang menjadi faktor pendukung maupun penghambat dalam produk pembiayaan cicil emas di Bank Syariah Mandiri. Dalam penyelesaian permasalahan yang terkait, penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Metode observasi dilakukan dengan pengamatan, metode dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan data berupa file-file maupun foto, sedangkan wawancara dilakukan dengan cara tanya jawab kepada sumber data yang terkait dengan strategi pemasaran. Jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian lapangan (field research). Hasil dari penelitian ini adalah bahwa strategi yang dilakukan yaitu menggunakalan langkah-langkah pemasaran yang terdiri dari segmentation, targeting, dan positioning. Penerapan strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri KCP Ungaran adalah jemput bola, open booth, dan fee referral. Strategi lainnya memberikan pelayanan prima kepada nasabah, menjalin silaturahmi pada nasabah,dll.