Strategi pemasaran produk tabungan SIRELA di KSPPS BINAMA Semarang

Main Author: Anifah, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9053/1/10.%20TUGAS%20AKHIR.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9053/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya produk penghimpunan dana di KSPPS Binama Semarang. Salah satu produk yang terdapat di KSPPS Binama Semarang adalah SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar) yang merupakan simpanan yang penarikan dan pengambilannya bisa dilakukan sewaktu-waktu dan produk tersebut diminati oleh masyarakat maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk simpanan sukarela lancar (SIRELA) dan Analisis SWOT produk tabungan SIRELA di KSPPS Binama Semarang. Jenis penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan bersifat deskriptif. Penulis memperoleh data dari sumber data primer maupun data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yang diperoleh penulis dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah metode pengumpulan data, penulis menganalisis data tersebut dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Peelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut, pertama: strategi pemasaran yang dilakukan oleh KSPPS Binama Semarang menggunakan 4P yang meliputi a) product yaitu simpanan sukarela lancar (SIRELA), b) price yaitu bagi hasil yang menarik, c) place yaitu tempat pemasaran dilakukan sangat strategis dekat pengusaha, pedagang kaki lima, dekat dengan swalayan dan pusat pendidikan, d) promotion yang digunakan KSPPS Binama Semarang meliputi brosur, website, bilboard, door to door dan jemput bola. Kedua: analisis SWOT produk tabungan sirela di KSPPS Binama Semarang yang meliputi a) strenght yaitu penyetoran dan penarikan dapat dilakukan setiap saat, b) weakness yaitu tidak ada fasilitas ATM (Anjungan Tunai Mandiri), c) opportunities yaitu agar lebih aman dana tersebut terkumpul untuk kebutuhan yang akan mendatang dan mendesak serta apabila sewaktu-waktu membutuhkan dapat diambil dan KSPPS Binama Semarang memiliki cabang yang tersebar di berbagai daerah dengan memberikan peluang besar bagi KSPPS Binama Semarang, d) threats yaitu persaingan produk sirela yang semakin ketat di sebabkan anggota sudah kritis dan pandai membanding-bandingkan produk sirela di KSPPS Binama Semarang yang satu dengan yang lainnya.