Strategi pemasaran produk simpanan sukarela (SIRELA) di KSPPS Amanah Usaha Mulia Magelang

Main Author: Kirom, Muhammad Zainul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9050/1/TUGAS%20AKHIR.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9050/
Daftar Isi:
  • SIRELA adalah simpanan yang menggunakan akad Wadi’ah Yad Dhamanah sehingga penyimpan dana dapat mengambil dana tersebut setiap saat. Di sisi lain, KSPPS Amanah Usaha Mulia Magelang dapat menggunakan dana tersebut.Agar produk tersebut diminati oleh masyarakat, maka pihak KSPPS Amanah Usaha Mulia Magelang perlu mempunyai strategi yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh KSPPS Amanah Usaha Mulia Magelang dalam memasarkan produk.Untuk agar produk ini diminati oleh masyarakat perlu adanya strategi pemasaran yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud meneliti bagaimana strategi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analistis. Dari penelitian ini dihasilkan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, Strategi pemasaran dalam produk simpanan sukarela (SIRELA) pada KSPPS Amanah Usaha Mulia Magelang adalah sebagai berikut: a). strategi produk menggunakan akad Wadi’ah Yad Dhamanah yang merupakan dana yang boleh dikelola oleh lembaga,b). Strategi harga dengan biaya yang murah, c). Strategi tempat dengan pasar sasaran para pelaku usaha baik pedagang maupun pembeli di pasar, masyarakat umum dan sekolah-sekolah, d). Strategi promosi yang dilakukan yaitu menggunakan sistem jemput bola, menyebarkan brosur-brosur, promosi melalui sosial media, dan melalui mulut ke mulut. Kedua, hambatan secara internal yaitu dari sumber daya manusia, kurangnya pemahaman karyawan tentang produk SIRELA, dan minimnya biaya promosi. Hambatan secara eksternal, persaingan dalam kompetisi pemasaran dengan KSPPS lain.