Strategi pemasaran simpanan berjangka (SI JEMPOL) di KSP Giri Muria Group Pusat Kudus

Main Author: Niswah, Nur Faidhatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9049/1/skripsi%20lengkap.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9049/
Daftar Isi:
  • KSP Giri Muria Group Kudus merupakan salah satu Lembaga Keuangan Syariah yang berada di Kudus. Salah satu produknya adalah Simpanan Berjangka (Si Jempol) yang merupakan simpanan yang memiliki jangka waktu tertentu dalam pengambilannya. Untuk memasarkan produk KSP Giri Muria Group Kudus perlu adanya strategi yang tepat. Strategi yang digunakan tersebut bertujuan untuk menambah jumlah anggotanya. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian untuk mengetahui strategi pemasaran simpanan berjangka (Si Jempol) serta mengkaitkan dengan strtaegi pemasaran pada perspektif Islam. Jenis penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan bersifat deskriptif. Penulis peroleh data-data ini dari sumber data primer maupun data sekunder. Adapun pengumpulan data yang diperoleh penulis dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah pengumpulan data, penulis menganalisis data tersebut dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggambarkan objek berdasarkan fakta dan menghubungkan dengan konsep-konsep yang dikembangkan sebelumnya. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut, pertama: strategi yang dilakukan KSP Giri Muria Group Kudus menggunakan pengembangan bauran pemasaran yang meliputi (a). Product yaitu simpanan berjangka (Si Jempol), (b). Price yaitu bagi hasil yang didapat dari simpanan berjangka (Si jempol) dari bagi hasil setara dengan 1% hingga 1,3%, (c). Place yaitu tempat pemasaran yang dilakukan dengan mengcover pasar terdekat dengan kantor ialah pasar Kliwon, (d). Promotion yang digunakan KSP Giri Muria Group Kudus meliputi promosi dari mulut ke mulut,sebar brosur, memasang spanduk, CFD, membuat Website, pendekatan doo to door, memberikan kupon kehadiran maupun door prize. Kedua, untuk pemasaran simpanan berjangka (Si Jempol) di KSP Giri Muria Group Kudus dalam perspektif Islam berlandaskan dengan karakteristik strategi pemasaran dalam Islam yang meliputi (a). Ketuhanan (Rabbaniyyah) yaitu pemasar harus bersifat religius, (b). Etis (Akhlaqiyyah) yaitu pemasar dalam memasarkan produknya harus memiliki akhlak yang baik dan tidak melebih-lebihkan produk yang dipasarkan, (c). Realistis (Al Waqi’yyah) yaitu pemasar dalam memasarkan produk harus berpenampilan rapi dan tidak menimbulkan sisi negatif bagi para anggota, (d). Humanistis (Insaniyyah) yaitu dalam memasarkan tidak boleh membedakan apa agama, suku bangsa, warna kulit para anggota.