Strategi pemasaran penghimpunan dana produk simpanan Hari Raya Idul Fitri (SHaRi) dengan akad wadi`ah di KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang

Main Author: Ardli, Nurazizi Ikhwani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9048/1/TUGAS%20AKHIR%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9048/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya kemauan masyarakat yang ingin menabung sehingga mereka bekerja dan banyak yang menabung untuk mereka nikmati pada saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Menanggapi hal itu KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang memiliki strategi dalam memasarkan produk Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SHaRi) yaitu tabungan Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SHaRi) berhadiah yang diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk mau bergabung ke dalam keanggotaan KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang. Rumusan masalah yang ada di KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang yaitu Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan pada Produk Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SHaRi). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk simpanan hari raya idul fitri (shari). Tabungan Wadiah merupakan jenis simpanan yang menggunakan akad wadiah atau titipan yang penarikannya dapat dilakukan sesuai dengan perjanjian Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif analistis. Penelitian dilakukan di KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang, dengan obyek penelitian produk Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SHaRi). Penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pertama, prosedur operasional dalam produk Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SHaRi) pada KSPPS Arthamadina Banyuputih meliputi tiga tahap yaitu : 1. Prosedur Pembukaan Tabungan, 2. Prosedur Teknis Penyetoran, 3. Prosedur Pengundian Hadiah. Kedua, strategi pemasaran dalam produk Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SHaRi) pada KSPPS Arthamadina Banyuputih Batang adalah strategi produk menggunakan akad wadiah yad dhamanah, strategi harga yang cukup ringan hanya Rp 60.000,- setiap bulan, strategi distribusi yaitu dengan cara mendatangi anggota dengan menerapkan sistem jemput bola, strategi promosi yang dilakukan yaitu dengan promosi diadakannya hadiah-hadiah, brosur-brosur dan dengan ceramah-ceramah sekaligus mempromosikan produk SHaRi.