Penerapan marketing mix pada pembiayaan ba’i bitsaman ajil (BBA) di KSPPS Harapan Umat Pati Cabang Kayen

Main Author: Angguningtyas, Diah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9040/1/TA%20LENGKAP.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9040/
Daftar Isi:
  • BMT Harum (Harapan Umat) Pati adalah salah satu BMT besar yang ada di Pati. Penghasilan aset setiap bulannya mencapai 60 miliyar dengan dibantu delapan kantor cabang. Didasarkan pada keinginan untuk mensyari’ahkan perekonomian rakyat yang telah dikuasai dengan lembaga keuangan konvensional. BMT Harum Pati merupakan lembaga keuangan yang mengimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan dana kepada masyarakat yang membutuhkan dengan menggunakan prinsip syariah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan marketing mix pada produk pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil (BBA) di KSPPS Harapan Umat Pati Cabang Kayen dan bagaimana pengaruh marketing mix pada produk pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil (BBA) di KSPPS Harapan Umat Pati Cabang Kayen terhadap peningkatan jumlah anggota yang menggunakan produk pembiayaan BBA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode yang digunakan pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini 1) KSPPS Harapan Umat Pati Cabang Kayen telah menerapkan sitem marketing mix dalam produk pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil sehingga produk ini memiliki keunggulan tersendiri terhadap produk lainnya. 2) Marketing mix juga berpengaruh terhadap peningkatan jumlah anggota pada produk pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil .