Strategi marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah pada pembiayaan Mitra Usaha di KSPPS BMT al-Hikmah Ungaran Cabang Bawen

Main Author: Widowati, Tiara Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9029/1/TUGAS%20AKHIR%20LENGKAP.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9029/
Daftar Isi:
  • Dalam meningkatkan jumlah nasabah pada BMT, diperlukannya strategi marketing. Begitu pula dengan KSPPS BMT AL-Hikmah Ungaran Cabang Bawen memerlukan strategi marketing untuk meningkatkan jumlah nasabah pada setiap produk-produknya, khususnya pada produk pembiayaan mitra usaha. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lokasi KSPPS BMT Al-Hikmah yang berada di lingkungan industri dan area UMKM, sehingga berpeluang besar bagi peningkatan jumlah nasabah khususnya pada produk pembiayaan mitra usaha. Pembiayaan mitra usaha merupakan fasilitas pembiayaan yang diperuntukkan bagi nasabah dalam pendirian usaha atau pengembangan usaha. Dalam penelitian ini permasalahan yang akan diteliti adalah kendala yang dihadapi marketing dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah pada pembiayaan mitra usaha dan strategi marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah pada pembiayaan mitra usaha di KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Bawen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah pada pembiayaan mitra usaha di KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Bawen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan metode penelitian kualitatif. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi agar memperoleh data-data yang relevan. Hasil penelitian ini adalah kendala-kendala yang dihadapi oleh marketing dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah pada pembiayaan mitra usaha di KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Bawen adalah dapat dilihat dari segi produk, lokasi, promosi, dan loyalitas masyarakat terhadap bank konvensional. Strategi marketing dalam meningkatkan jumlah nasabah pada pembiayaan mitra usaha di KSPPS BMT Al-Hikmah Ungaran Cabang Bawen adalah melakukan marketing mix atau bauran pemasaran dan melakukan strategi bersaing dengan sehat.