Implementasi Pendidikan Kesehatan Reproduksi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMA / MA di Kota Semarang
Main Author: | Yustiani, Yustiani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9/1/Yustiani_Tesis_Sinopsis.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Implementasi Pendidikan Kesehatan Reproduksi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMA/MA di Kota Semarang”. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan materi pendidikan kesehatan reproduksi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) mendeskripsikan implementasi pendidikan kesehatan reproduksi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sasaran penelitian ini adalah SMA/MA di Kota Semarang, yaitu SMA Muhammadiyah 1, Madrasah Aliyah Negeri 1 dan Madrasah Aliyah NU Nurul Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan tiga macam teknik yaitu wawancara, dokumentasi dan pengamatan. Temuan dalam penelitian ini adalah materi pendidikan kesehatan reproduksi relatif banyak dibahas dalam mata pelajaran Akhlak, Fiqh dan Al-Qur'an Hadits. Materi-materi dimaksud meliputi antara lain menghindari perilaku tercela, menghindari dosa besar, tidak asusila/berzina, pelanggaran hak asasi manusia, menghindari miras, narkoba, perkawinan dan proses kegiatan manusia. Materi pendidikan kesehatan reproduksi diimplementasikan pada SMA/MA kelas X, XI dan XII. Metode pembelajaran yang diterapkan meliputi metode ceramah, tanya jawab, diskusi, tugas dan metode kombinasi. Metode kombinasi tersebut meliputi metode ceramah plus tanya jawab dan tugas (CPTT) serta metode ceramah plus diskusi dan latihan (CPDL) dengan didukung sarana pembelajaran seperti buku ajar, gambar-gambar, LCD dan sebagainya.