Analisis perilaku pedagang pasar tradisional Mangkang Semarang dalam pandangan etika bisnis Islam
Main Author: | Roihuddin, Ahmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8984/1/Full%20Skripsi.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8984/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Analisis Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Mangkang Semarang dalam Pandangan Etika Bisnis Islam” yang dijabarkan dalam beberapa rumusan masalah yaitu Bagaimanakah perilaku pedagang di pasar tradisional Mangkang Semarang dan bagaimanakah perilaku pedagang di pasar tradisional Mangkang Semarang dalam pandangan etika bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pedagang di pasar tradisional Mangkang Semarang dan untuk mengetahui perilaku pedagang di pasar tradisional Mangkang Semarang dalam pandangan etika bisnis islam. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan metode kualitatif yang dilakukan secara deskriptif analisis. Lokasi penelitian dilakukan di pasar tradisional Mangkang Semarang. Dengan sumber data yang terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer yang didapatkan langsung dari pedagang dan sumber data sekunder didapatkan dari berbagai literatur yang relevan dengan pembahasan penelitian. Metode pengumpulan data yaitu meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi untuk selanjutnya data yang terkumpul digambarkan dan dijabarkan secara jelas mengenai objek penelitian sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Setelah itu data dirangkum, memilih hal-hal yang pokok serta memfokuskan pada hal-hal yang penting. Kemudian data disajikan sehingga memudahkan untuk merencanakan kerja selanjutnya. Setelah itu data dianalisis dan ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa perilaku pedagang pasar tradisional Mangkang meliputi: penyampaian keadaan barang, penetapan ukuran barang yang dijual, penepatan janji saat berdagang, mempertanggungjawabkan kualitas barang dagangan, penguasaan informasi barang yang dijual, pencatatan transaksi, dan menyikapi penawaran dagangan dengan harga yang rendah. Adapun berdasarkan aspek-aspek tersebut mayoritas pedagang telah mampu berperilaku sesuai dengan etika bisnis Islam dengan menggunakan keempat sifat Rasulullah di dalam melakukan perdagangan yang diantaranya ialah sifat shiddiq, amanah, fathanah dan tabligh.