Pengaruh pengetahuan zakat, tingkat pendapatan, tingkat keimanan dan kepercayaan terhadap motivasi muzakki profesi studi kasus di Rumah Zakat Cabang Semarang

Main Author: Isnaini, Yulinda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8920/1/FILE%20LENGKAP.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8920/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang sering muncul ditengah masyarakat kita adalah kepada siapa zakat harus diberikan. Lebih utama disalurkan langsung oleh muzakki kepada mustahiq, atau sebaliknya melalui amil zakat. Kurang optimalnya jumlah zakat yang terkumpul disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: Pertama, ketidaktahuan kewajiban membayar zakat. Kedua, tingkat pendapatan. Ketiga, tingkat keimanan. Keempat, ketidakpercayaan terhadap Lembaga Pengelola Zakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi membayar zakat profesi di Rumah Zakat Semarang. Variabel penelitian ini mengggunakan 5 variabel, yaitu dependen (Motivasi) dan variabel independen (pengetahuan tentang zakat, pendapatan, keimanan dan kepercayaan). Penelitian ini menjelaskan masalah apakah ada pengaruh tingkat pengetahuan tentang zakat, pendapatan, keimanan dan kepercayaan motivasi masyarakat membayar zakat profesi. Penelitian ini bertujuan menguji secara parsial dan simultan bagaimana tingkat pengetahuan, pendapatan, keimanan dan kepercayaan berpengaruh terhadap motivasi masyarakat membayar zakat profesi di Rumah Zakat cabang Semarang. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah sampel acak (Probability Sampling). Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang diolah dengan bantuan IBM SPSS statistic 21 ini variabel pengetahuan tentang zakat dan pendapatan merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap motivasi membayar zakat profesi di Rumah Zakat Semarang. Dibuktikan dengan hasil uji t variabel pengetahuan tentang zakat, tingkat pendapatan, tingkat keimanan dan kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan ter hadap motivasi membayar zakat. Hasil uji F dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan antara variabel pengetahuan tentang zakat, pendapatan, keimanan dan kepercayaan terhadap motivasi membayar zakat. Hasil diperoleh angka koefisien determinasi atau (R2) sebesar 50,9% motivasi membayar zakat profesi dipengaruhi oleh variabel pengetahuan tentang zakat, pendapatan, keimanan dan kepercayaan. Sedangkan sisanya 49,1% disebabkan oleh faktor lain diluar penelitian ini.