Pendidikan nasionalisme pada madrasah ibtidaiyah di lingkungan Pondok Pesantren Al-Hadi Mranggen kabupaten Demak
Main Author: | Mujib, Kholil |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8861/1/skripsi%20full.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8861/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan nasionalisme di luar proses pembelajaran pada MI AL- HADI 01 di lingkungsn pondok pesantren Mrangen Demak. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan nasionalisme. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala madrasah, guru kelas IV, V dan VI dan beberapa siswa kelas IV, V, VI. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan nasionalisme di luar proses pembelajaran yaitu: 1) kegiatan pembiasaan, ekstrakulikuler (pembiasaan terprogram), dan kegiatan rutin (pembiasaan tidak terprogram). Sedangkan metode yang dilakukan madrasah untuk menanamkan nilai nasionalisme kepada siswa yaitu penanaman nilai nasionalisme dan keteladanan. Nilai-nilai nasionalisme yang diberikan yaitu tanggung jawab, toleransi, sopan santun, rela berkorban, kerja sama, gotong royong, mencintai lingkungan, menghormati dan menghargai jasa para pahlawan cinta terhadap budaya Indonesia. dan lain-lain. 2) Faktor-faktor pendukung pelaksanaan pendidikan nasionalisme yaitu siswa, orang tua/keluarga, madrasah, lingkungan. 3) Dalam pelaksanaan pendidikan nasionalisme di luar pembelajaran, madrasah tidak mengalami kendala yang sangat besar hanya masih terdapat beberapa siswa yang kurang tertib dalam melakukan pendidikan nasionalisme.