Pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan sederhana pada pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III MI At Thohiriyyah Kecamatan Pedurungan Kota Semarang tahun pelajaran 2017/2018

Main Author: Maulida, Kurnia Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8852/1/Kurnia%20Tri%20Maulida___133911091.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8852/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI AT Thohiriyyah Kecamatan Pedurungan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Kajiannya dilator belakangi oleh metode pembalajaran yang diterapkan di kelas kurang bervariasi, sehingga siswa merasa jenuh, hasil karangan kurang optimal, dan belum sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah media gambar seri efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI AT ThohiriyyahSemarang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI AT Thohiriyyah Semarang. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah One Group Pretest Postest Design. Data hasil penelitian yang terkumpul, diananalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji dua rata-rata. Nilai tertinggi Pretest sebelum diberi perlakuan adalah 75, dan nilai tertinggi Postest adalah 81. Berdasarkan uji hipotesis dua rata-rata diperoleh〖 t〗_hitung=2,882 dan t_tabel=1,998. Uji t akhir menunjukan bahwa pada penelitian ini t_hitung>t_tabel, maka, penerapan media gambar seri berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana di kelas III MI AT Thohiriyyah Semarang.