Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat pemilihan Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Ngaliyan Semarang

Main Author: Hasanah, Fitriyatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8843/1/Fitriyatul%20Hasanah___1403036026.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8843/
Daftar Isi:
  • Di era modern ini persaingan antar sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) sangatlah ketat. Untuk menarik minat para calon siswa agar memilih sekolah yang sesuai, setiap sekolah memiliki strategi pemasaran yang beragam dengan menawarkan kualitas produk dan harga yang terjangkau. Adapun rumusan masalah penelitian ini 1) Apakah ada pengaruh signifikan antara kualitas produk terhadap minat pemilihan MTs di Kecamatan Ngaliyan Semarang? 2) Apakah ada pengaruh signifikan antara harga terhadap minat pemilihan MTs di Kecamatan Ngaliyan Semarang? 3) Adakah pengaruh signifikan antara kualitas produk dan harga terhadap minat pemilihan MTs di Kecamatan Ngaliyan Semarang? Penelitian ini dilakukan pada Madrasah Tsanawiyah yang tersebar di Kecamatan Ngaliyan Semarang. Madrasah Tsanawiyah tersebut antara lain MTs Darul Ulum, MTs Fatahillah, MTs Nurussibyan Sampel tersebut diambil secara acak terstratifikasi (stratified random sampling). Adapun jumlah sampel yang berhasil diambil peneliti adalah 173 siswa dari tiga sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kualitas produk dan harga secara bersama-sama terhadap minat pemilihan MTs sebesar 33,8% dan sisanya sebesar 66,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar model. Pada anova, uji f/simultan terlihat bahwa kualitas produk dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat siswa. Dengan demikian hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak.