Pengaruh strategi marketing mix terhadap keputusan konsumen dalam memilih MTs Al Wathoniyyah

Main Author: Hidayah, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8842/1/lengkap.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8842/
Daftar Isi:
  • Saat ini persaingan antar madrasah sangatlah ketat untuk menarik keputusan konsumen agar memilih madrasah yang sesuai, setiap madrasah memiliki strategi pemasaran yang beragam dengan produk yang berkualitas, menawarkan harga pendidikan yang terjangkau, pemilihan lokasi yang strategis, dan promosi yang menarik khususnya di MTs Al Wathoniyyah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu seberapa besar pengaruh produk, harga, tempat, dan promosi jasa pendidikan secara parsial dan bersama-sama terhadap keputusan konsumen dalam memilih MTs Al Wathoniyyah?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Responden penelitian berjumlah 81 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Dari hasil perhitungan produk pendidikan terhadap keputusan konsumen sebesar 17,2%, harga pendidikan terhadap keputusan konsumen sebesar 16,3%, lokasi pendidikan terhadap keputusan konsumen sebesar 20,3 %, tempat pendidikan terhadap keputusan konsumen sebesar 17%. Produk, harga, tempat dan promosi pendidikan secara bersama-sama terhadap keputusan konsumen sebesar 14,62% (signifikan). Disarankan pihak MTs Al Wathoniyyah: membuat program- program baru yang lebih unggul dibanding dengan madrasah lain, layanan ekstrakulikuler yang baik, meningkatkan layanan tempat parkir, memberikan potongan biaya kepada siswa yang berprestasi unggul, melakukan perencanaan yang kuat serta memilih strategi yang tepat dan taktik mengenai pemasaran dalam jasa pendidikan.