Pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas X MA YSPIS Rembang tahun ajaran 2017/2018
Main Author: | Zahro’, Salma Fatimatuz |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8832/1/Skripsi%20Full%20biasa%20salma%20Fatimatuz%20Zahro.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8832/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas X MA YSPIS Rembang tahun ajaran 2017/2018. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran al-Qur’an Hadits siswa kelas X MA YSPIS Rembang Tahun Ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana intensitas belajar siswa kelas X MA YSPIS Rembang Tahun Ajaran 2017/2018? (3) Adakah pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran al-Qur’an Hadits siswa kelas X MA YSPIS Rembang Tahun Ajaran 2017/2018? Penelitian ini dilaksanakan di MA YSPIS Rembang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data metode kuesioner, metode tes, dan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA YSPIS Rembang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 219 siswa. Kemudiam sampel diambil sebanyak 25% secara acak, sehingga jumlah sampel sebesar 55 responden. Dari perhitungan intensitas belajar siswa kelas X MA YSPIS Rembang diperoleh nilai dalam kategori “cukup” dengan nilai rata-rata 30,4364 terletak pada interval 29-31. Dari perolehan hasil belajar mata pelajaran al-Qur’an Hadits siswa kelas X MA YSPIS Rembang diperoleh nilai dalam kategori “cukup” dengan nilai rata-rata 84, 462 terletak pada interval 83-85. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi satu prediktor dan uji signifikansi Freg dan nilai Freg diperoleh 79,737. Kemudian dikonsultasikan dengan harga Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 4,2. Karena Freg > Ftabel maka dinyatakan signifikan. Kemudian koefisien kontribusi R2 yang didapatkan adalah sebesar 59,3%. Maka ada pengaruh antara intensitas belajar terhadap hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas X MA YSPIS Rembang. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh positif intensitas belajar terhadap hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas X MA YSPIS Rembang Tahun Ajaran 2017/2018 dengan kontribusi 59,3%. Selebihnya 40,7% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor tersebut dapat berupa faktor internal maupun faktor eksternal.