Analisis kepuasan orang tua siswa terhadap layanan pendidikan di MTs N 2 Semarang

Main Author: Windriati, Frisca
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8830/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8830/
Daftar Isi:
  • Kepuasan pelanggan adalah faktor terpenting untuk mengetahui mutu sebuah lembaga pendidikan. Skripsi kepuasan orang tua siswa terhadap layanan pendidikan di MTs N 2 Semarang dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimanakah tingkat kepuasan layanan pendidikan siswa di MTs N 2 Semarang (2) Bagaimana strategi meningkatkan kepuasan layanan pendidikan siswa di MTs N 2 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan pendekatan survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan analisis tingkat kepentingan- kinerja (importance performance analysis) dari John A. Martila dan John C. James. Kajian ini menunjukkan: 1. Penilaian kenyataan pada dimensi tangible bukti fisik, reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati) berada pada interval 3, 40- 4,20 (memuaskan), sedangkan penilaian harapan pada lima dimensi layanan berada pada interval 4, 20- 5,00 (sangat penting). Rata-rata penilaian kenyataan pada lima aspek layanan berada pada interval 3,40-4,20 (memuaskan) dan penilaian harapan pada interval 4, 20- 5,00 (sangat penting). Karena sudah mencapai pada tingkat kenyataan memuaskan, maka madrasah harus dapat menjaga setiap layanan yang sudah baik dan meningkatkan aspek yang masih kurang dan mengoptimalkan harapan-harapan orang tua. Dengan demikian, hendaknya sekolah mengembangkan kelima dimensi layanan pendidikan, membina kerjasama lebih baik dengan komite sekolah, dan mengadakan survei kepuasan pelanggan secara rutin.