Studi Eksperimen antara Penggunaan Metode Team Quiz dengan Gallery Walk dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah I’anatus Shibyan Mangkang Kulon Tahun Ajaran 2012/2013
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan metode Team Quiz dengan Gallery Walk pada mata pelajaran IPS materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah I’anatus Shibyan Mangkang Kulon Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ”Apakah ada pengaruh hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan kelas V Madrasah Ibtidaiyah I’anatus Shibyan Mangkang Kulon Tahun ajaran 2012/2013 antara yang menggunakan metode Team Quiz dan yang menggunakan metode Gallery Walk?” Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen quasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 43, karena jumlah populasi kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel, dengan kelas V A yang terdiri dari 21 peserta didik sebagai kelas eksperimen I dan kelas V B yang terdiri dari 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen II. Peserta didik kelas VI sebagai kelas uji coba soal dengan jumlah peserta didik 34. Sebelum instrument test digunakan untuk mendapat data yang objektif terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk pengujian validitas, reabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan menggunakan data dokumentasi sebagai pelengkap. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa hasil test yang dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar (post test) kelompok yang menggunakan metode Team Quiz adalah 72,00, sedangkan rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode Gallery Walk adalah 66,09. berdasarkan hasil uji komparasi(uji t-test) yang diperoleh bahwa thitung = 2,760 dan ttabel = 1,68 dengan taraf nyata sebesar 5% jika thitung > ttabel maka Ha diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS materi pokok perjuangan mempertahankan kemerdekaan antara penggunaan metode Team Quiz dengan Gallery Walk. Demikian pembelajaran yang menggunakan metode Team Quiz lebih baik daripada pembelajaran yang menggunakan Gallery Walk.