Manajemen peningkatan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru di MA Al-Khoiriyyah Semarang
Main Author: | Purnama, Maulina Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8827/1/skripsi%20lengkap.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8827/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang manajemen peningkatan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru di MA Al-Khoiriyyah Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan peningkatan kompetensi kepribadian dan sosial guru? (2) Bagaimana pelaksanaan peningkatan kompetensi kepribadian dan sosial guru? (3) Bagaimana evaluasi peningkatan kompetensi kepribadian dan sosial guru? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MA Al-Khoiriyyah Semarang dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret manajemen peningkatan kompetensi kepribadian dan sosial guru di MA Al-Khoiriyyah SemaranJenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Adapun metode analisis datanya peneliti menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian in menunjukan bahwa : (1) Perencanaan profesionalisme guru di MA Al-Khoiriyyah Semarang dibuat berdasarkan atas hasil analisis kebutuhan dan perkiraan yang sudah ditetapkan. Namun tidak ada rancangan rencana secara terprogram, baik dalam rencana program tahunan, semesteran maupun bulanan. (2) Pelaksanaan peningkatan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru di MA Al-Khoiriyyah Semarang dilakukan berupa keikutsertaan dalam program pelatihan yang diadakan yayasan Al-Khoiriyyah Semarang (3) Evaluasi program peningkatan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru di MA Al-Khoiriyyah Semarang dilaksanakan dalam bentuk penilaian dari kepala sekolah kepada guru, penilaian antar sesama guru dan penilaian dari murid.