Manajemen kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di MA Al Khoiriyyah Semarang

Main Author: Arif N., Muchamad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8826/1/SKRIPSI-All%20ARIF.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8826/
Daftar Isi:
  • Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di MA Al Khoiriyyah Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti tentang pengelolaan ekstrakurikuler di sekolah tersebut yang sering meraih prestasi di bidang ekstrakurikuler. Dalam hal ini, pengelolaan ekstrakurikuler sangat efektif karena sekolah ini sangat fokus dalam pembinaannya. Studi ini dibuat untuk menjawab pertanyaan: (1) Bagaimana perencanaan kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di MA Al Khoiriyyah Semarang. (2) Bagaimana pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di MA Al Khoiriyyah Semarang. (3) Bagaimana evaluasi kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di MA Al Khoiriyyah Semarang. permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MA Al Khoiriyyah Semarang. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret implementasi pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di MA Al Khoiriyyah Semarang. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam hal perencanaan, seluruh pengelola ekstrakurikuler di MA MA Al Khoiriyyah Semarang mampu merencanakan tugasnya dengan baik., diantaranya memuat tujuan program yang jelas, rencana kerja yang teratur, pembinaan yang baik. (2) Dalam pelaksanaan, MA Al Khoiriyyah Semarang memuat susunan organisasi, pembagian tugas, sarana dan prasarana, dan sumber dana, demikian itu telah diatur dengan baik. (3) Sedangkan evaluasi dilakukan melalui evaluasi kurikulum dan evaluasi murid. Evaluasi dilakukan satu semester sekali, evaluasi murid dilakukan setiap kali selesai latihan.