Pengaruh pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak dan ketaatan beribadah siswa terhadap perilaku sosial siswa kelas IX di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara
Main Author: | Rachmawati, Nur’aida Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8820/1/SKRIPSI%20FULL.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8820/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang pengaruh pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak dan ketaatan beribadah siswa terhadap perilaku sosial siswa kelas IX di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Adakah pengaruh pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa kelas IX di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara (2) Adakah pengaruh ketaatan beribadah siswa terhadap perilaku sosial siswa kelas IX di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara (3) Adakah pengaruh pemahaman mata pelajaran akidah akhlak dan ketaatan beribadah siswa terhadap perilaku sosial siswa kelas IX di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh antara pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa kelas IX di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara dikarenakan data non signifikan (2) Terdapat pengaruh antara ketaatan beribadah siswa terhadap perilaku sosial siswa kelas IX di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara dikarenakan data signifikan. (3) Terdapat pengaruh antara mata pelajaran aqidah akhlak dan ketaatan beribadah siswa terhadap perilaku sosial siswa di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara dikarenakan data signifikan. Hasil perhitungan koefisien determinasi dapat diketahui bahwa prediktor X1 mempunyai kontribusi terhadap variabel kriterium (Y) sebesar 0,72%. Sedangkan prediktor X2 mempunyai kontribusi terhadap variabel kriterium (Y) yaitu adab pergaulan siswa sebesar 17,4%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa prediktor X2 yaitu ketaatan beribadah siswa memiliki kontribusi atau sumbangan yang lebih besar dari pada prediktor X1 yaitu pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak dalam menentukan besar atau tingginya variasi variabel kriterium Y yang merupakan perilaku sosial siswa kelas IX di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara.