Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran Think Talk Write(TTW) pada materi pokok bilangan pada peserta didik kelas IV MI Negeri Karang Poh Kec. Pulosari Kab. Pemalang tahun ajaran 2012/2013? 2. Apakah strategi Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok bilangan di kelas IV MI Negeri Karang Poh Kec. Pulosari Kab. Pemalang tahun ajaran 2012/2013?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada peserta didik kelas IV MI Negeri Karang Poh. Berdasarkan observasi awal terhadap proses pembelajaran Matematika di kelas IV,peserta didik masih kurang paham dengan materi yang diajarkan oleh guru dan peserta didik merasa bosan dengan suasana yang kurang menarik, seperti dalam proses belajar mengajar peserta didik mengobrol sendiri, bermain bulpoin dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Hal ini disebabkan proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, peneliti menerapkan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada kelas IV MI Negeri Karang Poh dengan jumlah peserta didik ada 20. Pengumpulan data ini dengan menggunakan metode observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif non statistik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah kegiatan pra siklus, yaitu mengadakan tes pra siklus untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi sebelumnya yaitu materi perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit. Tahap kedua adalah pelaksanaan siklus I dan siklus II. Sedangkan tahap ketiga adalah penyempurnaan data dan penyusunan laporan. Pada kondisi awal hasil belajar peserta didik sangat rendah yaitu rata-rata 54,5 dengan ketuntasan belajar 30%. Setelah diterapkan strategi pembelajaranThink Talk Write (TTW) hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I diperoleh data rata-rata hasil belajar peserta didik 62,5 dengan ketuntasan belajar sebanyak 55%. Pada siklus II diperoleh data rata-rata hasil belajar peserta didik 76 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 75%. Dari data tersebut terlihat, bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW).