Pengaruh persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru terhadap prestasi hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak peserta didik kelas VIII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal tahun 2017/2018

Main Author: Ulfa, Isna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8815/1/PDF%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8815/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Persepsi Peserta Didik tentang Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Peserta Didik kelas VIII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal Tahun 2017/2018. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh Peserta Didik kelas VIII di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Karena jumlah populasi kurang dari 100 yaitu 87 siswa, untuk itu diambil seluruhnya dari jumlah populasi sebanyak 87 siswa untuk dijadikan responden penelitian. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode angket, dan metode dokumentasi. Sebelum instrument penelitian disebarkan kepada responden, intrumen tersebut harus memiliki kriteria validitas dan reliabilitas. Setelah peneliti melakukan uji coba instrumen angket tentang Persepsi Peserta Didik Tentang Keterampilan Mengajar Guru yang berjumlah 33 soal diperoleh 30 soal yang dinyatakan valid dan reliabel. Dari 30 item soal yang dinyatakan valid dan reliabel, instrumen tersebut kemudian disebarkan kepada 87 Peserta Didik kelas VIII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment dan regresi linier Sederhana. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan taraf signifikan 5% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N-2= 85 diperoleh Ftabel sebesar 3,95 sedang Freg sebesar 137,393. Jika dibandingkan keduanya Freg = 137,393 > Ftabel (0,05 ; 85) = 3,95. Kemudian pada taraf signifikan 1% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N-2 = 85 diperoleh Ftabel sebesar 6,94 sedang Freg sebesar 137,393. Jika dibandingkan keduanya Freg = 137,393> Ftabel (0,01 ; 85) = 6,94. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan 0,01 dan 0,05 keduannya menunjukkan signifikan, berarti variabel Persepsi Peserta Didik Tentang Keterampilan Mengajar Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Peserta Didik kelas VIII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal Tahun 2017/2018. Hasil penelitian yang peneliti lakukan diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khasanah ilmu pengetahuan dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.