Studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII di MTs Negeri 2 Kendal

Main Author: Khunainah, Lamkhatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8806/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8806/
ctrlnum 8806
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8806/</relation><title>Studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII di MTs Negeri 2 Kendal</title><creator>Khunainah, Lamkhatul</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><description>Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh banyak dijumpai remaja yang belum lancar dalam membaca Al-Qur&#x2019;an. Secara kasat mata lulusan MI dianggap lebih memiliki kemampuan membaca lebih baik dibandingkan dengan lulusan SD. Hal ini dikarenakan banyak orang yang berfikiran bahwa di SD mata pelajaran agama sangat sedikit. Skripsi ini membahas tentang studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII Mts Negeri 2 Kendal. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an siswa lulusan MI di MTs Negeri 2 Kendal? (2) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an siswa lulusan SD di MTs Negeri 2 Kendal? (3) Adakah perbedaan kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII di MTs Negeri 2 Kendal? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis komparasi dengan runus t-test. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an siswa lulusan SD termasuk dalam kategori &#x201C;Baik&#x201D;. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 74,645. (2) kemampuan membaca Al-Quran siswa lulusan MI termasuk dalam kategori &#x201C;Sedang/Cukup&#x201D;. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 69,364. (3) Dari analisis uji hipotesis diperoleh to (t observasi) adalah 2,413. Sedangkan tt (t tabel) untuk taraf signifikansi 5% yaitu 1,660. Ini berarti nilai tobservasi lebih besar dari t tabel. Berarti ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an antara siswa lulusan SD dan siswa lulusan MI di MTs Negeri 2 Kendal.</description><date>2018-07-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8806/1/SKRIPSI%20FULL.pdf</identifier><identifier> Khunainah, Lamkhatul (2018) Studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur&#x2019;an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII di MTs Negeri 2 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang. </identifier><recordID>8806</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Khunainah, Lamkhatul
title Studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII di MTs Negeri 2 Kendal
publishDate 2018
topic 297.77 Islamic religious education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8806/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8806/
contents Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh banyak dijumpai remaja yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an. Secara kasat mata lulusan MI dianggap lebih memiliki kemampuan membaca lebih baik dibandingkan dengan lulusan SD. Hal ini dikarenakan banyak orang yang berfikiran bahwa di SD mata pelajaran agama sangat sedikit. Skripsi ini membahas tentang studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII Mts Negeri 2 Kendal. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan MI di MTs Negeri 2 Kendal? (2) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan SD di MTs Negeri 2 Kendal? (3) Adakah perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII di MTs Negeri 2 Kendal? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis komparasi dengan runus t-test. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan SD termasuk dalam kategori “Baik”. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 74,645. (2) kemampuan membaca Al-Quran siswa lulusan MI termasuk dalam kategori “Sedang/Cukup”. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 69,364. (3) Dari analisis uji hipotesis diperoleh to (t observasi) adalah 2,413. Sedangkan tt (t tabel) untuk taraf signifikansi 5% yaitu 1,660. Ini berarti nilai tobservasi lebih besar dari t tabel. Berarti ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa lulusan SD dan siswa lulusan MI di MTs Negeri 2 Kendal.
id IOS2754.8806
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2019-05-05T03:23:27Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:02Z
recordtype dc
_version_ 1765821519876849664
score 17.538404