Studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII di MTs Negeri 2 Kendal
Main Author: | Khunainah, Lamkhatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8806/1/SKRIPSI%20FULL.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8806/ |
ctrlnum |
8806 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8806/</relation><title>Studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII di MTs Negeri 2 Kendal</title><creator>Khunainah, Lamkhatul</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><description>Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh banyak dijumpai remaja yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an. Secara kasat mata lulusan MI dianggap lebih memiliki kemampuan membaca lebih baik dibandingkan dengan lulusan SD. Hal ini dikarenakan banyak orang yang berfikiran bahwa di SD mata pelajaran agama sangat sedikit. Skripsi ini membahas tentang studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII Mts Negeri 2 Kendal. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan MI di MTs Negeri 2 Kendal? (2) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan SD di MTs Negeri 2 Kendal? (3) Adakah perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII di MTs Negeri 2 Kendal? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis komparasi dengan runus t-test. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan SD termasuk dalam kategori “Baik”. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 74,645. (2) kemampuan membaca Al-Quran siswa lulusan MI termasuk dalam kategori “Sedang/Cukup”. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 69,364. (3) Dari analisis uji hipotesis diperoleh to (t observasi) adalah 2,413. Sedangkan tt (t tabel) untuk taraf signifikansi 5% yaitu 1,660. Ini berarti nilai tobservasi lebih besar dari t tabel. Berarti ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa lulusan SD dan siswa lulusan MI di MTs Negeri 2 Kendal.</description><date>2018-07-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8806/1/SKRIPSI%20FULL.pdf</identifier><identifier> Khunainah, Lamkhatul (2018) Studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII di MTs Negeri 2 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang. </identifier><recordID>8806</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Khunainah, Lamkhatul |
title |
Studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII di MTs Negeri 2 Kendal |
publishDate |
2018 |
topic |
297.77 Islamic religious education |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8806/1/SKRIPSI%20FULL.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8806/ |
contents |
Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh banyak dijumpai remaja yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an. Secara kasat mata lulusan MI dianggap lebih memiliki kemampuan membaca lebih baik dibandingkan dengan lulusan SD. Hal ini dikarenakan banyak orang yang berfikiran bahwa di SD mata pelajaran agama sangat sedikit. Skripsi ini membahas tentang studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII Mts Negeri 2 Kendal. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan MI di MTs Negeri 2 Kendal? (2) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan SD di MTs Negeri 2 Kendal? (3) Adakah perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII di MTs Negeri 2 Kendal? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis komparasi dengan runus t-test. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan SD termasuk dalam kategori “Baik”. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 74,645. (2) kemampuan membaca Al-Quran siswa lulusan MI termasuk dalam kategori “Sedang/Cukup”. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 69,364. (3) Dari analisis uji hipotesis diperoleh to (t observasi) adalah 2,413. Sedangkan tt (t tabel) untuk taraf signifikansi 5% yaitu 1,660. Ini berarti nilai tobservasi lebih besar dari t tabel. Berarti ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa lulusan SD dan siswa lulusan MI di MTs Negeri 2 Kendal. |
id |
IOS2754.8806 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2019-05-05T03:23:27Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:35:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821519876849664 |
score |
17.538404 |