Peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA N 1 Semarang

Main Author: Nangimah, Nurrotun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8804/1/NURROTUN%20NANGIMAH___NURROTUN%20NANGIMAH.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8804/
ctrlnum 8804
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8804/</relation><title>Peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA N 1 Semarang</title><creator>Nangimah, Nurrotun</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><description>SMA Negeri 1 Semarang merupakan sekolah negeri yang bukan berlatar belakang agama, akan tetapi susana religiusnya tidak kalah dengan Madrasah Aliyah pada umumnya. Semua itu terbukti dengan danya fenomene siswi putri yang berjilbab dalam jumlah yang banyak, kegiatan sholat dhuha yang berjalan dengan tertib, infaq Jum&#x2019;at, jamaah sholat jum&#x2019;at, pembacaan al-Qur&#x2019;an dan asmaul khusna sebelum pembelajaran, tertibnya sholat dhuhur berjamaah, khataman al-Qur&#x2019;an dan tertibnya kegiatan kuliah sabtu pagi (KSP). Terbentuknya karakter tersebut tidak terlepas dari peran guru PAI. Penelitian ini membahas peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Negeri 1 Semarang. Fokus penelitian yang akan dikaji adalah: 1. Bagaimana peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Negeri 1 Semarang; 2. Apa saja faktor pendorong dan penghambat yang dihadapi guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Negeri 1Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung untuk mengumpulkan data hasil observasi. Data yang berbentuk kata-kata didapatkan dari para informan, sedangkan data-data tambahan berupa dokumen. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, kemudian melakukan reduksi data, penyajian data-data dan menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Negeri 1 Semarang yaitu: pengajar, pendidik, teladan, motivator, sumber belajar. 2. Faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Negeri 1 Semarang lebih dominan pada faktor ekstern: a. Faktor pendukung: 1). Faktor keluarga atau orang tua yang berperan aktif dalam pendidikan karakter religius siswa. 2). Faktor lingkungan tempat tinggal siswa yang masih khas dengan kegiatan religi. 3). Lingkungan sekolah dan peraturan sekolah. 4). Sarana prasarana sekolah yang memadai untuk kegiatan keagamaan. b. Faktor penghambat: 1). Terbatasnya waktu mengajar sehingga tidak maksimal mendidik karakter religius siswa. 2). Kurangnya kesadaran siswa untuk mengikuti program keagamaan dari sekolah. 3). Sikap dan perilaku siswa yang beragam. 4) semakin canggihnya teknologi.</description><date>2018-07-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8804/1/NURROTUN%20NANGIMAH___NURROTUN%20NANGIMAH.pdf</identifier><identifier> Nangimah, Nurrotun (2018) Peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA N 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>8804</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nangimah, Nurrotun
title Peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA N 1 Semarang
publishDate 2018
topic 297.77 Islamic religious education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8804/1/NURROTUN%20NANGIMAH___NURROTUN%20NANGIMAH.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8804/
contents SMA Negeri 1 Semarang merupakan sekolah negeri yang bukan berlatar belakang agama, akan tetapi susana religiusnya tidak kalah dengan Madrasah Aliyah pada umumnya. Semua itu terbukti dengan danya fenomene siswi putri yang berjilbab dalam jumlah yang banyak, kegiatan sholat dhuha yang berjalan dengan tertib, infaq Jum’at, jamaah sholat jum’at, pembacaan al-Qur’an dan asmaul khusna sebelum pembelajaran, tertibnya sholat dhuhur berjamaah, khataman al-Qur’an dan tertibnya kegiatan kuliah sabtu pagi (KSP). Terbentuknya karakter tersebut tidak terlepas dari peran guru PAI. Penelitian ini membahas peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Negeri 1 Semarang. Fokus penelitian yang akan dikaji adalah: 1. Bagaimana peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Negeri 1 Semarang; 2. Apa saja faktor pendorong dan penghambat yang dihadapi guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Negeri 1Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung untuk mengumpulkan data hasil observasi. Data yang berbentuk kata-kata didapatkan dari para informan, sedangkan data-data tambahan berupa dokumen. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, kemudian melakukan reduksi data, penyajian data-data dan menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Peran guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Negeri 1 Semarang yaitu: pengajar, pendidik, teladan, motivator, sumber belajar. 2. Faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam pendidikan karakter religius siswa SMA Negeri 1 Semarang lebih dominan pada faktor ekstern: a. Faktor pendukung: 1). Faktor keluarga atau orang tua yang berperan aktif dalam pendidikan karakter religius siswa. 2). Faktor lingkungan tempat tinggal siswa yang masih khas dengan kegiatan religi. 3). Lingkungan sekolah dan peraturan sekolah. 4). Sarana prasarana sekolah yang memadai untuk kegiatan keagamaan. b. Faktor penghambat: 1). Terbatasnya waktu mengajar sehingga tidak maksimal mendidik karakter religius siswa. 2). Kurangnya kesadaran siswa untuk mengikuti program keagamaan dari sekolah. 3). Sikap dan perilaku siswa yang beragam. 4) semakin canggihnya teknologi.
id IOS2754.8804
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2019-05-05T03:23:27Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:02Z
recordtype dc
_version_ 1765821519869509632
score 17.538404