Konsep pembinaan kepribadian anak menurut Al-Ghazali studi kitab Ayyuhal Walad

Main Author: Hidayat, Manshur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8764/1/MANSUR%20HIDAYAT__113111123.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8764/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi adanya permasalahan remaja yang sebagian besar mempengaruhi ganngguan kepridaian dan kitab Ayyuhal Walad sebagai salah satu solusi permasalah tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana konsep pembinaan kepribadian anak menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad ? (2) Bagaimana relevansi konsep pembinaan kepribadian anak menurut Imam Al Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad dengan pendidikan di Indonesia? Penelitian ini merupakan penelitian pustaka kategori kualitatif, dengan sumber data berupa sebuah kitab karya imam Al-Ghazali. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan terhadap sumber data baik primer maupun sekunder, berupa buku-buku yang berkaitan dengan bidang penelitian. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kitab Ayyuhal Walad mengandung pembinanaan kepribadian terhadap anak yang yaitu : 1) Membentuk pribadi yang taat dan bertaqwa kepada Allah Swt. 2) Membentuk pribadi yang Tawakal 3) Membentuk pribadi yang Ikhlas 4) Membentuk pribadi yang Istiqomah 5) Membentuk Pribadi yang mempunyai sifat tenggang rasa dan jiwa sosial 6) Membentuk Pribadi yang mempunyai guru. Dan Pembinaan kepribadian ini menggunakan metode : 1) Nasihat 2) Pembiasaan dan 3) Keteladanan. Selain itu konsep pembinaan kepribadian dalam kitab Ayyuhal Walad relevan dengan pendidikan di Indonesia seperti tujuan pendidikan nasional serta pendidikan karekter dan keteladanan dalam pendidikan.