Pembelajaran kitab kuning metode Amtsilati di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal

Main Author: Kawakib, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8755/1/SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8755/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apa kesulitan yang dialami santri di pondok pesantren Darul Amanah dalam belajar Amtsilati (2) untuk mengetahui bagaimana solusi untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran Amtsilati di pondok pesantren Darul Amanah Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, yang mengambil lokasi di Pondok Pesantren Darul Amanah. Oleh karena itu teknik pengambilan data diperoleh dari informan, peristiwa dan dokumen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1)secara umum pembelajaran Amtsilati di Pondok Pesantren Darul Amanah sama dengan standar pembelajaran Amtsilati (2) dalam pembelajaran Amtsilati di Pondok Pesantren Darul Amanah, problem yang dihadapi meliputi (a) problematika yang berhubungan dengan materi (b) problematika yang berhubungan dengan waktu pembelajaran (c) problematika yang berhubungan dengan sarana dan prasarana (d) problematika yang berhubungan dengan pengelolaan kelas. Sedangkan upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi problematika di atas (3) (a) solusi atas problematika yang berhubungan dengan materi adalah menambah jam belajar tentang materi yang sulit bagi santri (b) solusi atas problematika yang berhubungan dengan waktu pembelajaran adalah menambah waktu dan menambah jumlah ustadz yang mengampu Amtsilati (c) solusi atas problematika yang berhubungan dengan sarana dan prasarana adalah dengan menambah jumlah stok kitab sehingga tidak kekurangan (d) solusi atas problematika yang berhubungan dengan pengelolaan kelas adalah mengelola kelas sesuai dengan standar Amtsilati yang berbasis kompetensi dan kompetisi. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para ustadz, pengasuh dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.