Strategi mahasantri Dār al-Qalam dalam mengatasi problematika psiko-sosial menghafal Al-Qur’an analisis bimbingan dan konseling Islam

Main Author: Mustika, Lintang
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8730/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8730/
ctrlnum 8730
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8730/</relation><title>Strategi mahasantri D&#x101;r al-Qalam dalam mengatasi problematika psiko-sosial menghafal Al-Qur&#x2019;an : analisis bimbingan dan konseling Islam</title><creator>Mustika, Lintang</creator><subject>297.1224 Recitation and Reading</subject><subject>297.74 Dakwah</subject><description>Lintang Mustika, 1401016019, Strategi Mahasantri D&#x101;r Al-Qalam Dalam Mengatasi Problematika Psiko-sosial Menghafal Al-Qur&#x2019;an. Menghafal al-Qur&#x2019;an merupakan perbuatan yang terpuji dan mulia serta bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Namun demikian, menghafal al-Qur&#x2019;an bukanlah hal yang mudah dan tanpa problematika didalamnya. Problematika menghafal al-Qur&#x2019;an dialami oleh mahasantri ponpes D&#x101;r Al-Qalam, Tanjungsari, Ngaliyan, Semarang. Problematika menghafal al-Qur&#x2019;an datang dari berbagai aspek diataranya aspek fisik-psikis-sosial-spiritual. Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan problematika dari dua aspek yaitu psikis dan sosial. Problematika yang berasal dari psikis maupun sosial menyebabkan mahasantri terhambat dalam mencapai target, baik target simaan dengan pengasuh maupun target khatam (selesai menghafal). Untuk itu, mahasantri pun melakukan strategi-strategi untuk mengatasi problematika tersebut. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah apa saja problematika psiko-sosial mahasantri ponpes D&#x101;r Al-Qalam dalam menghafal al-Qur&#x2019;an dan bagaimana strategi yang dilakukan mahasantri ponpes D&#x101;r Al-Qalam dalam mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, data dikumpulkan melalui teknik wawancara yaitu dengan mewawancara mahasantri, mentor, dan pengasuh ponpes D&#x101;r Al-Qalam, observasi, dan dokumentasi berupa data simaan. Data primer yang digunakan adalah data simaan mahasantri angkatan 2015-2017 dan wawancara, sedangkan data sekundernya adalah buku, jurnal, skripsi, kamus, dan al-Qur&#x2019;an terjemah yang berkaitan dengan penelitian ini. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menghasilkan dua temuan; Pertama, problematika mahasantri ponpes D&#x101;r Al-Qalam dalam menghafal al-Qur&#x2019;an dari aspek psikis diantaranya malas, pesimis, putus asa. Sedangkan dari aspek sosial adalah terbenturnya waktu untuk menghafal al-Qur&#x2019;an dengan padatnya kegiatan selain menghafal, adanya pengaruh dari teman pondok/teman spesial mahasantri, serta pengaruh media sosial. Kedua, strategi mahasantri dalam mengatasi problematika psikis adalah mencari suasana lain membuat perencanaan atau target ke depan, dan mencari dukungan social. Sedangkan strategi dalam mengatasi problematika dari aspek sosial yaitu dengan pandai-pandai mengatur waktu dan meninggalkan HP ketika agenda yang sesuai dengan fungsi kuratif, preventif dan preservatif dan tujuan bimbingan dan konseling Islam.</description><date>2018-08-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8730/2/FULL%20SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Mustika, Lintang (2018) Strategi mahasantri D&#x101;r al-Qalam dalam mengatasi problematika psiko-sosial menghafal Al-Qur&#x2019;an : analisis bimbingan dan konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>8730</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mustika, Lintang
title Strategi mahasantri Dār al-Qalam dalam mengatasi problematika psiko-sosial menghafal Al-Qur’an : analisis bimbingan dan konseling Islam
title_sub analisis bimbingan dan konseling Islam
publishDate 2018
topic 297.1224 Recitation and Reading
297.74 Dakwah
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8730/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8730/
contents Lintang Mustika, 1401016019, Strategi Mahasantri Dār Al-Qalam Dalam Mengatasi Problematika Psiko-sosial Menghafal Al-Qur’an. Menghafal al-Qur’an merupakan perbuatan yang terpuji dan mulia serta bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Namun demikian, menghafal al-Qur’an bukanlah hal yang mudah dan tanpa problematika didalamnya. Problematika menghafal al-Qur’an dialami oleh mahasantri ponpes Dār Al-Qalam, Tanjungsari, Ngaliyan, Semarang. Problematika menghafal al-Qur’an datang dari berbagai aspek diataranya aspek fisik-psikis-sosial-spiritual. Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan problematika dari dua aspek yaitu psikis dan sosial. Problematika yang berasal dari psikis maupun sosial menyebabkan mahasantri terhambat dalam mencapai target, baik target simaan dengan pengasuh maupun target khatam (selesai menghafal). Untuk itu, mahasantri pun melakukan strategi-strategi untuk mengatasi problematika tersebut. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah apa saja problematika psiko-sosial mahasantri ponpes Dār Al-Qalam dalam menghafal al-Qur’an dan bagaimana strategi yang dilakukan mahasantri ponpes Dār Al-Qalam dalam mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, data dikumpulkan melalui teknik wawancara yaitu dengan mewawancara mahasantri, mentor, dan pengasuh ponpes Dār Al-Qalam, observasi, dan dokumentasi berupa data simaan. Data primer yang digunakan adalah data simaan mahasantri angkatan 2015-2017 dan wawancara, sedangkan data sekundernya adalah buku, jurnal, skripsi, kamus, dan al-Qur’an terjemah yang berkaitan dengan penelitian ini. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menghasilkan dua temuan; Pertama, problematika mahasantri ponpes Dār Al-Qalam dalam menghafal al-Qur’an dari aspek psikis diantaranya malas, pesimis, putus asa. Sedangkan dari aspek sosial adalah terbenturnya waktu untuk menghafal al-Qur’an dengan padatnya kegiatan selain menghafal, adanya pengaruh dari teman pondok/teman spesial mahasantri, serta pengaruh media sosial. Kedua, strategi mahasantri dalam mengatasi problematika psikis adalah mencari suasana lain membuat perencanaan atau target ke depan, dan mencari dukungan social. Sedangkan strategi dalam mengatasi problematika dari aspek sosial yaitu dengan pandai-pandai mengatur waktu dan meninggalkan HP ketika agenda yang sesuai dengan fungsi kuratif, preventif dan preservatif dan tujuan bimbingan dan konseling Islam.
id IOS2754.8730
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2019-05-05T03:23:26Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:01Z
recordtype dc
_version_ 1765821519407087616
score 17.538404