Strategi bisnis pedagang pasar sandang Tegalgubug Kab. Cirebon dalam perspektif Islam

Main Author: Baihaqi, Akhamad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8684/1/Akhmad%20Baihaqi___1600108003.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8684/
Daftar Isi:
  • Pasar Induk sandang Tegalgubug Pasar yang sangat sederhana seperti tidak memiliki omset besar, Pasar sandang Tegalgubug yang sangat sederhana memunyai lapak yang kecil ketika peneliti melakukan wawancara dengan salah satu pedagang berdasarkan informasi yang sempat penulis wawancarai di sana sesungguhnya omsetnya pedagang Besar. Apa sebenarnya strategi yang dilakukan Pasar sandang Tegalgubug, kondisi Pasarnya sederhana tetapi dilihat bisa bersaing dengan model pakaian yang berkelas,Penelitian ini mengunakan Metode Penelitian Kualitatif Deskritif. Dalam berdagang peneliti melihat adanya kemandirian dan semangat berwirausaha, kejujuran, amanah, kecerdasan dan keterampilan, komunikasi dan pelayanan yang baik membangun jaringan dan kemitraan dengan Para Konveksi serta keselarasan dalam bekerja Adapun strategi yang digunakan menggunakan Strategi marketing mix dengan konsep 4 P (Produk, price, promotion, Place). Dalam penjual kain di Pasar sandang Tegalgubug pemilik menjaga konsumen dalam pembelian Partai besar atau Partai kecil ketika menjaga konsumen menggunakan konsep (ngalap nyaur) pembeli mengambil kain tersebut dengan bayar setengah dari harga pembayaran sisanya kalau kemari lagi,Untuk pelanggan lama di berikan (ngalap nyaur). Sementara bagi pelanggan baru biasanya melihat Pembelian sampai Lima kali dan di berikan KTP ke Pedagang sebagai jaminan.