Pengembangan modul matematika bernuansa Islami dengan pendekatan saintifik pada materi pokok aritmetika sosial peserta didik kelas VII MTs N Brangsong Kendal
Main Author: | Minan, Moch. Asyroful |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8640/1/Skripsi%20Moch.%20Asyroful%20Minan%20133511054.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8640/ |
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi karena modul yang bisa digunakan peserta didik di dalam kelas maupun di luar kelas sangat penting. Ditambah peserta didik kelas VII MTs N Brangsong membutuhkan modul yang bernuansa Islami. Sehingga, peneliti mengembangkan modul matematika bernuansa Islami dengan pendekatan saintifik pada materi aritmetika sosial kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika bernuansa Islami dengan pendekatan saintifik pada materi pokok aritmetika sosial yang valid dan efektif untuk membantu peserta didik meningkatkan hasil belajar dan sikap spiritual peserta didik melalui modul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (research and development). Prosedur pengembangan modul menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul matematika bernuansa Islami dengan pendekatan saintifik pada materi aritmetika sosial valid dengan penilaian validator termasuk dalam kategori valid namun perlu sedikit revisi dengan persentase rata-rata sebesar 82,50%. Tanggapan peserta didik terhadap modul termasuk pada kategori sangat valid dan tidak perlu revisi dengan persentase 86,94%. Efektivitas modul terhadap hasil belajar peserta didik didapatkan hasil rata-rata nilai kelas eksperimen yaitu 71,79 dan rata-rata nilai kelas kontrol yaitu 54,65. Kemudian diuji t-test mendapatkan hasil t_hitung=6.12> t_tabel=2,01 maka H_1 diterima. Artinya rata-rata kelas yang menggunakan modul aritmetika sosial bernuansa Islami dengan pendekatan saintifik lebih baik dari pada yang tidak menggunakan modul. Sedangkan Hasil angket sikap spiritual peserta didik didapatkan pre-test sebesar 75% dan post-test sebesar 83%. sehingga diperoleh skor n-gain sebesar 0,32. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan modul aritmetika sosial bernuansa Islami dengan pendekatan saintifik efektif meningkatkan sikap spiritual peserta didik dengan kategori sedang.