Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimanakah persepsi siswa tentang guru dalam penggunaan media pembelajaran CD interaktif materi pokok virus kelas X di MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara? (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa terhadap media pembelajaran CD interaktif materi pokok virus kelas X di MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara? (3) Bagaimana pengaruh persepsi siswa tentang guru dalam penggunaan media pembelajaran CD interaktif terhadap hasil belajar Biologi materi pokok virus di MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara? Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif melalui pendekatan survey, yang menggunakan teknik analisis korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling dengan jumlah populasi 206 siswa yang diambil 30% yaitu 62 siswa kelas X dari 5 kelas yaitu dari kelas X-1 (12 siswa), X-2 (12 siswa), X-3 (12 siswa), X-4 (14 siswa), dan X-5 (12 siswa). Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah: observasi, dokumentasi, kuesioner (angket), dan tes. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment dan regresi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa tentang guru dalam penggunaan media pembelajaran CD interaktif materi pokok virus dalam kategori “sedang” ditunjukkan dengan rata-rata 70,11 pada interval 63-73. (2) Hasil belajar siswa terhadap media pembelajaran CD interaktif materi pokok virus dalam kategori “sedang” ditunjukkan dengan rata-rata 77,29 pada interval 75-83. (3) Terdapat korelasi yang positif antara pengaruh persepsi siswa tentang guru dalam penggunaan media pembelajaran CD interaktif (X) terhadap hasil belajar Biologi materi pokok virus (Y) di MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy = 0,449 > rtabel 5% = 0,254, ini berarti signifikan. Sedangkan hasil dari perhitungan analisis regresi diketahui Fhitung = 15,143 > Ftabel 5% = 4,00 dan Fhitung = 15,143 > Ftabel 1% = 7,08, ini berarti signifikan. Demikian dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang guru dalam penggunaan media pembelajaran CD interaktif terhadap hasil belajar Biologi materi pokok virus kelas X MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi siswa, tenaga pengajar, para pemikir pendidikan khususnya dalam bidang pendidikan dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara dan masyarakat pada umumnya.