Efektivitas model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) berbantuan modul dan LKS terhadap penalaran matematis siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Fatahillah Semarang tahun pelajaran 2016/2017

Main Author: Elmila, Fiyya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8639/1/Skripsi%20Fiyya%20Elmila%20133511071.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8639/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Berbantuan Modul dan LKS Terhadap Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII MTs Fatahillah Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MTs Fatahillah Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan sampel ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Selanjutnya dipilih kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan VIII B sebagai kelas eksperimen. Kemudian, kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) berbantuan modul dan LKS sedangkan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Selanjutnya diuji normalitas, homogenitas, perbedaan rata-rata dan uji peningkatan penalaran matematis. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan uji t-tes dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung = 3,718 sedangkan ttabel = 1,715. Karena thitung > ttabel maka rata-rata penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) berbantuan media benda konkret terhadap penalaran matematis siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Fatahillah tahun pelajaran 2016/2017.