Efektivitas media pembelajaran berbentuk lagu sains dilengkapi metode tebak kata pada materi sistem indra pendengaran manusia terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2016/2017

Main Author: Rohmah, Utiya Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8625/1/FULL%20SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8625/
ctrlnum 8625
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8625/</relation><title>Efektivitas media pembelajaran berbentuk lagu sains dilengkapi metode tebak kata pada materi sistem indra pendengaran manusia terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2016/2017</title><creator>Rohmah, Utiya Nur</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu kurang semangatnya siswa dalam mengikuti pelajaran biologi sehingga berpengaruh terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa. Pernyataan tersebut dapat dilihat dari hasil pra riset, bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas XI IPA pelajaran biologi materi sistem indra pendengaran manusia hanya 70%, sedangkan nilai KKM yang ditetapkan untuk mata pelajaran biologi di MA NU 03 Sunan Katong yaitu 75. Oleh karena itu, kreativitas guru untuk menjadikan siswa mampu memahami setiap pelajaran yang diajarkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media Lagu Sains pada materi sistem indra pendengaran manusia yang dilengkapi dengan metode tebak kata sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XI MA NU Sunan Katong Kaliwungu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah true experimental dengan design posttest-only control design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dari sampel atau disebut sensus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, metode dokumentasi dan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen (uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda), uji tahap awal (uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata) dn uji taha akhur atau uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 83,55 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 77,37. Kemudian dilakukan perhitungan uji t-test untuk membuktikan hipotesis pada hasil posttest kedua kelas tersebut dan didapatkan hasil thitung = 4,908 dan ttabel = 1,666. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung&gt;ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Adanya pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbentuk Lagu Sains yang dilengkapi dengan metode tebak kata pada materi sistem indra pendengaran manusia efektif terhadap hasil belajar siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Tahun Pelajaran 2016/2017.</description><date>2018-01-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8625/1/FULL%20SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Rohmah, Utiya Nur (2018) Efektivitas media pembelajaran berbentuk lagu sains dilengkapi metode tebak kata pada materi sistem indra pendengaran manusia terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang. </identifier><recordID>8625</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rohmah, Utiya Nur
title Efektivitas media pembelajaran berbentuk lagu sains dilengkapi metode tebak kata pada materi sistem indra pendengaran manusia terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2016/2017
publishDate 2018
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20]
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8625/1/FULL%20SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8625/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu kurang semangatnya siswa dalam mengikuti pelajaran biologi sehingga berpengaruh terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa. Pernyataan tersebut dapat dilihat dari hasil pra riset, bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas XI IPA pelajaran biologi materi sistem indra pendengaran manusia hanya 70%, sedangkan nilai KKM yang ditetapkan untuk mata pelajaran biologi di MA NU 03 Sunan Katong yaitu 75. Oleh karena itu, kreativitas guru untuk menjadikan siswa mampu memahami setiap pelajaran yang diajarkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media Lagu Sains pada materi sistem indra pendengaran manusia yang dilengkapi dengan metode tebak kata sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XI MA NU Sunan Katong Kaliwungu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah true experimental dengan design posttest-only control design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dari sampel atau disebut sensus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, metode dokumentasi dan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen (uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda), uji tahap awal (uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata) dn uji taha akhur atau uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 83,55 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 77,37. Kemudian dilakukan perhitungan uji t-test untuk membuktikan hipotesis pada hasil posttest kedua kelas tersebut dan didapatkan hasil thitung = 4,908 dan ttabel = 1,666. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung>ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Adanya pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbentuk Lagu Sains yang dilengkapi dengan metode tebak kata pada materi sistem indra pendengaran manusia efektif terhadap hasil belajar siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Tahun Pelajaran 2016/2017.
id IOS2754.8625
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2019-05-05T03:23:24Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:59Z
recordtype dc
_version_ 1765821518857633792
score 17.538404