Desain Komunikasi Visual (DKV) dalam promosi Radio MBS 107.8 FM Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang

Main Author: Amarullah, Fikri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8532/1/SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8532/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8532/
Daftar Isi:
  • Persaingan industri radio di kota-kota besar dewasa ini cukup tinggi dalam merebut perhatian pendengar. Agar industri radio tetap berjalan ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan seperti : penyiar radio, program siaran, dan yang terakhir adalah promosi. Promosi merupakan salah satu cara agar masyarakat tetap setia dengan siaran radio kesayangannya, Tujuan dibalik promosi adalah untuk mendapatkan pendengar. Bertahun-tahun stasiun radio menggunakan berbagai macam cara, dari yang biasa sampai yang aneh untuk mencapai tujuannya. Setidaknya ada dua kategori utama dalam promosi stasiun radio; On-Air (di udara) dan Off-Air (didarat). Desain Komunikasi visual adalah salah satu metode yang cocok untuk memperkenalkan sebuah industri radio agar dapat dikenal oleh masyarakat luas. Desain komunikasi visual dikatakan efektif apabila ia berhasil merampok perhatian pembaca. Seringkali kita melihat papan iklan, stiker, spanduk yang dapat mengalihkan kita untuk melihatnya, mata kita dipaksa untuk menoleh kesebuah papan informasi tersebut dan berikutnya kita seperti dihipnotis untuk membaca teksnya. Fokus penelitian ini menjawab dari rumusan masalah 1). Bagaimana cara merancang materi promosi yang menarik dan komunikatif sehingga Radio MBS menjadi media interaksi yang dikenal oleh masyarakat. 2). Bagaimana memilih media promosi yang efektif untuk memajukan Radio MBS. 3). Bagaimana menciptakan ide Desain Komunikasi visual yang dapat Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Desain Komunikasi Visual (DKV) dengan pendekatan Deskriptif. Dalam metode DKV terdapat beberapa tahapan yang dimulai dengan elemen-elemen dalam desain seperti, garis, bidang ruang, terang-gelap, bayangan, warna, serta tekstur. Variabel penyusunan unsur visual seperti, kedudukan, arah, ukuran, dan jarak. Komposisi seperti kesatuan, keseimbangan, irama, kontras, focus, dan proporsi. Selain itu peneliti menggunakan metode procedural dalam perancangan DKV ini yang didalamnya terdapat beberapa tahapan 1) latar belakang/tujuan, 2) identifikasi masalah, 3) sintesis, 4) konsep perancangan, 5). Konsep desain, 6) desain final. Adapun hasil dari penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan Desain Komunikasi Visual yang terbentuk dalam tiga jenis media promosi. 1) Media visual merchandising seperti, gantungan kunci, pin, dan stiker. 2) Media indoor display seperti, X-Banner. 3) Media outdoor display seperti, spanduk dan poster. Rancangan DKV ini dibuat dengan aplikasi Corel Draw X5.