Pelaksanaan konseling individu dalam mengatasi perilaku agresif siswa MTs Al Khoiriyyah Semarang
Main Author: | Aliah, Diniatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8526/1/FULL%20SKRIPSI.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8526/ |
Daftar Isi:
- Perilaku garesif merupakan salah satu persoalan yang terjadi disekolah. Penyebabnya sangat beragam, baik faktor internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk ; pertama mendeskripsikan dan menganalisis bentuk-bentuk perilaku agresif siswa MTs Al Khoiriyyah Semarang. Kedua, mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan konseling individu untuk mengurangi perilaku agresif siswa MTs Al Khoiriyyah Semarang. Ketiga, mengetahui analisis Bimbingan dan Konseling Islam terhadap pelaksanaan konseling individu untuk mengatasi perilaku agresif siswa MTs al Khoiriyyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primernya kepala sekolah, wali kelas, guru BK, dan siswa, sumber data skunder buku, dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian, foto, dan lain-lain. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kebsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Adapun teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu: Tahap reduksi data (data reduction), Penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pertama bentuk-bentuk perilaku agresif siswa di MTs AL khoiriyyah berupa; Agresif fisik langsung meliputi berkelahi, memukul, dan mendorong. Perilaku agresif fisik aktif tidak langsung seperti menyobek buku kasus. Perilaku agresif verbal pasif langsung meliputi menghina, memaki, dan mengumpat. Perilaku agresif verbal pasif seperti mendiamkan teman. Perilaku agresif verbal aktif tidak langsung meliputi menyebar fitnah, menggosip, dan mengadu domba. kedua, pelaksanaan konseling individu melaluai tahapan awal (penerimaan klien, dan penstrukuran), pertengahan (mendefinisikan masalah siswa, mengembangkan solusi, dan menyusun rencana solusi yang diambil siswa), penutup (meringkas jalannya pembiicaraan dan menegaskan kembali keputusan klien), dan follow up (mengamati apakah ada perubahan dan mengambil tindakan selanjutnya yang akan dilakukan). Ketiga, analisis bimbingan konseling islam terhadapa pelaksanaaan konseling individu untuk mengatasi perilaku agresif siswa MTs Al Khoiriyyah dilakukan dengan tahapan-tahapan konseling individu secara konvensional, namun didalamnya mengandung unsur, asas, dan perinsip-perinsip bimbingan konseling islam. Sehingga perilaku agresif yang dimiliki siswa MTs Al Khoiriyyah dapat diatasi lewat konseling individu.