Pendekatan behavioristik dalam bimbingan dan konseling Islam untuk menangani masalah belajar siswa di SMP Islam Nudia Semarang

Main Author: Majid, Wisda Amelia Sheila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8525/1/FULL%20SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8525/
Daftar Isi:
  • Masalah belajar adalah masalah yang bisa menghambat dan mengganggu pada proses belajar siswa.Kehidupan modern, banyak sekali permasalahan sering muncul di sekolah, salah satunya masalah belajar.Masalah belajar yang dihadapi oleh siswa, apabila tidak teratasi akanberdampak buruk dalam percapaian tujuan belajar,dan akan mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa. Dalam mengatasi masalah belajar siswa disini, perlunya pedekatan behavioristik dalam bimbingan dan konseling Islam. Pendekatan behavioristik bertujuan untuk mengubah tingkah laku maladaptif menjadi adaptif dengan memperkuat tingkah laku yang diharapkan dan meniadakan perilaku yang tidak diharapkan dan berusaha menemukan cara-cara bertingkah laku yang tepat. Selain adanya pendekatan behavioristik, perlu adanya layanan bimbingan dan konseling Islam yang ditekankan pada penanaman nilai-nilai Islam.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui jenis-jenis masalah belajar siswa di SMP Islam Nudia Semarang, (2) untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan pendekatan behavioristik dalam bimbingan dan konseling Islam untuk menangani masalah belajar siswa di SMP Islam Nudia Semarang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitiannya yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah dari guru bimbingan dan konseling dan siswa kelas VIII yang mengalami masalah belajar dan sumber data sekunder diperoleh dari guru PAI, wali kelas, dokumen dan referensi yangberikaitan dengan masalah belajar siswa. Tekhnik analisis data yang meliputi : 1) Data Reduction (Reduksi data), 2) Data Display (Penyajian data), 3) Conclusion Drawing (Menarik kesimpulan). Untuk uji kredibilitasi data meliputi : triangulasi sumber data. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) jenis-jenis masalah belajar jenis-jenis masalah belajar siswa di SMP Islam Nudia Semarang kelas VIII meliputi sering meninggalkan jam mata pelajaran, kurangnya motivasi dalam belajar, sulit berkonsentrasi dalam belajar, mempunyai kebiasaan buruk dalam belajar dan sulit membagi waktu untuk belajar. 2) pelaksanaan pendekatan behavioristik dalam bimbingan dan konseling Islam untuk menangani masalah belajar siswa. Dalam hal ini guru BK di SMP Islam Nudia Semarang melaksanakan pendekatan behavioristik dalam bimbingan dan konseling Islammelalui tahapan yaitu identifikasi masalah belajar, menentukan tujuan, implementasi teknik, dan evaluasi. Pemberian teknik berupa operant conditioning dengan pemberian reinforcement berupa reward. Guru BK juga menyampaikan tips dalam belajar antara lain kebiasaan belajar yang efektif dan efesien, disiplin dalam belajar, motivasi dalam belajar serta menanamkan nilai-nilai Islam agar dapat menghantarkan siswa ke perubahan dari tidak baik menjadi baik.