Pelaksanaan bimbingan agama Islam untuk membentuk akhlakul karimah anak Panti Asuhan Kafalatul Yatama Karonsih Ngaliyan Semarang
Main Author: | Nurjayanti, Dwi Ajar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8502/1/FULL%20SKRIPSI.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8502/ |
Daftar Isi:
- Penelitian pelaksanaan bimbingan agama Islam untuk membentuk akhlakul karimah anak di panti asuhan Kafalatul Yatama Karonsih Ngaliyan Semarang difokuskan pada dua pokok permasalahan; 1) Bagaimana pelaksanaan bimbingan agama Islam untuk membentuk akhlakul karimah anak panti asuhan Kafalatul Yatama Karonsih Ngaliyan Semarang, 2) Apa faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan bimbingan agama Islam anak panti asuhan Kafalatul Yatama Karonsih Ngaliyan Semarang Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah pengasuh, pengurus dan anak panti asuhan Kafalatul Yatama Karonsih Ngaliyan Semarang, untuk sumber data sekunder penulis memperoleh data dari buku, jurnal, ataupun hasil penelitian yang dilakukan sebelumnya oleh peneliti lain yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data dan menguji keabsahan data yang diperoleh menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bimbingan agama Islam di panti asuhan Kafalatul Yatama mengunakan dua metode yakni metode individual dan metode kelompok. Yang pertama metode individual yaitu pembimbing dalam hal ini melakukan komunikasi langsung kepada secara individual kepada anak asuh. Kedua adalah metode kelompok yakni pembimbing melakukan komunikasi langsung dengan kelompok. 2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan agama Islam dipanti asuhan Kafalatul Yatama yang pertama pendukung pelaksanaan bimbingan agama Islam adalah kesdaran anak asuh untuk mengikuti kegiatan bimbingan agama Islam yang ada di panti, kesabaran dan ketlatenan pembimbing dalam membimbing anak asuh, yang kedua adalah faktor penghambat pelaksanaan bimbingan agama Islam yang ada di panti asuhan Kafalatul Yatama adalah padatnya kegiatan anak asuh disekolah dan pembimbing yang terkadang sibuk.