Pengembangan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam materi besaran dan satuan, suhu dan kalor, dan wujud zat kelas VII SMP/MTs

Main Author: Silviyati, Hima
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8463/1/SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8463/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya modul fisika yang diintegrasikan dengan Islam pada SMP/MTs kelas VII di Mranggen Demak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam pada materi besaran dan satuan, suhu dan kalor, wujud zat untuk siswa kelas VII SMP/MTs, serta untuk mengetahui kualitas modul fisika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dengan prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang batasi sampai dengan tahap validasi ahli. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kelayakan modul fisika yaitu menggunakan skala Likert dengan 5 kategori disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif dari ahli materi, ahli media, dan ahli integrasi sains dan Islam. Data kualitatif merupakan data berupa kritik dan saran atau masukan dari tim ahli, sedangkan data kuantitatif merupakan data berupa skor (presentase). Hasil penilaian menunjukkan bahwa modul fisika ini layak digunakan dengan kategori baik (B). Hal ini didasarkan jumlah rerata skor dan presentase kelayakan modul untuk ahli materi skor 3,9 presentase kelayakan 78,3%, untuk ahli media skor 4,1 presentase kelayakan 82,5%, dan untuk ahli integrasi sains dan Islam skor 4,5 persentase kelayakan 90%.