Pengembangan modul fisika pada materi gerak harmonik sederhana berbasis experiential learning terintegrasi karakter untuk siswa kelas X SMA
Main Author: | Kurniawan, Faisal Hadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8453/1/SKRIPSI.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8453/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya bahan ajar Fisika kelas X SMA/MA berbasis pembelajaran pengalaman yang diintegrasikan dengnan nilai-nilai karakter pada materi Gerak Haronik Sederhana yang berada di Sekolah. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah modul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik modul Fisika materi Gerak Harmonik Sederhana berbasis experiential learning terintegrasi karakter, menguji kelayakan modul, dan menguji efektivitas modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Developtment). Prosedur penelitian sesuai dengan langkah penelitian yang dijelaskan oleh Borg & Gall. Hasil uji kelayakan dari ahli materi sebesar 89,29% dengan kategori sangat layak; ahli media sebesar 88,2% dengan kategori sangat layak; dan guru fisika sebesar 93,8 % dengan kategori sangat layak. Uji coba lapangan terbatas dilakukan dengan uji keterbacaan kepada 10 siswa dengan hasil 84,8% dengan kategori sangat baik. Hasil uji skala luas menunjukkan modul efektif digunakan sebagai bahan ajar. Penelitian ini menghasilkan produk berupa modul Fisika pada materi Gerak Harmonik Sederhana berbasis experiential learning terintegrasi karakter untuk siswa kelas X SMA.