Pendekatan saintifik berbasis integrasi sains dan Islam dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP materi cahaya
Main Author: | Yuliani, Farida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8452/1/skripsi.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8452/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil wawancara di SMP Al Fattah Semarang diketahui bahwa hasil belajar IPA siswa kelas VIII masih rendah. Menurut guru IPA kelas VIII hal ini dikarenakan pembelajaran IPA yang berlangsung di SMP Al Fattah umumnya menggunakan metode konvensional dengan ceramah yang berpusat pada guru dan bersifat tekstual dan belum terintegrasi Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas pendekatan saintifik berbasis integrasi sains dan Islam dengan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Sampel yang diambil adalah siswa SMP Al Fattah Semarang kelas VIII semester genap tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi, dan wawancara. Data yang diambil adalah nilai hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes. Hasil analisis data penelitian dengan uji t menunjukkan t_hitung>t_tabel yang artinya hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol. Berdasarkan analisis peningkatan hasil belajar siswa diperoleh nilai gain sebesar 0,34, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik berbasis integrasi sains dan Islam dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa.