Pengembangan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam materi tata surya, pesawat sederhana, dan gaya untuk SMP/MTs
Main Author: | Muna, Iffatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8442/1/PDFsam_merge.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8442/ |
Daftar Isi:
- Hasil wawancara dengan guru IPA diperoleh informasi bahwa dalam proses pembelajaran, buku ajar yang digunakan sebagai sumber belajar hanya memuat materi-materi tentang ilmu pengetahuan belum menggunakan buku ajar yang diintegrasikan dengan aya-ayat AlQur’an maupun dengan nilai-nilai keIslaman. Menindak lanjuti masalah tersebut maka diperlukan bahan ajar yang dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dan diintegrasikan dengan ayat-ayat Al-Qur’an maupun nilai-nilai keIslaman. Tujuan penelitian ini adalah membuat modul pembelajaran fisika berbasis integrasi sains dan Islam pada materi tata surya, pesawat sederhaa, dan gaya untuk SMP/MTs. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang dibatasi sampai dengan tahap validasi ahli. Instrument yang digunakan untuk mengetahui kualitas modul dalam penelitian ini menggunakan skala Likert dengan lima kategori yang disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data kualitatif dari ahli media, ahli materi, dan guru IPA, serta data keterbacaan modul oleh siswa kemudian mengubahnya menjadi data kuantitatif. Hasil penilaian menunjukkan bahwa modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam ini layak digunakan dengan kategori baik. (B). Hal ini didasarkan pada jumlah rerata skor dan presentase kelayakan modul, untuk ahli materi 3,5 dengan persentase kelayakan 70,7%, untuk ahli media 4 dengan persentase kelayakan 80%, untuk guru IPA 3,9 dengan persentase kelayakan 79%, dan untuk keterbacaan modul sebesar 83,15%.