Pengembangan bahan ajar fisika kelas X SMA/MA berbasis kearifan lokal pada materi pengukuran, gerak benda, dan hukum-hukum newton

Main Author: Maskiyyah, Zakiyyatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8440/1/naskah%20skripsi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8440/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal untuk peserta didik kelas X SMA/MA pada materi Pengukuran, Gerak Benda, dan Hukum-hukum Newton, serta Mengetahui kualitas bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal untuk peserta didik kelas X SMA/MA pada materi Pengukuran, Gerak Benda, dan Hukum-hukum Newton ditinjau pada aspek kelayakan isi, aspek penyajian materi, aspek komponen kebahasan, dan aspek komponen kegrafikan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang disederhakan menjadi enam tahap yaitu Studi pendahuluan (Initial Study/Research and Information Collection), Perencanaan Produk (Planning), Pengembangan Produk (Develop Preliminary Form of Product), Validasi Produk (Preliminary Field Testing), Revisi Produk (Main Product Revision), dan Uji Lapangan (Main Field Testing). Instrumen berupa angket digunakan untuk menilai kualitas bahan ajar menggunakan skala Likert dengan empat kategori yaitu sangat baik, baik, kurang, dan sangat kurang, yang diberikan kepada ahli materi dan guru fisika, serta ahli media. Angket responden terhadap bahan ajar oleh peserta didik. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu kualitas bahan ajar berdasarkan penilaian ahli materi dan guru fisika 87,5% dengan kategori sangat baik, ahli media 73% dengan kategori baik dan responden dari peserta didik 82% dengan kategori sangat baik. Presentase rata-rata dari ketiga ahli yaitu ahli materi, ahli media, dan guru fisika adalah 80,25% sehingga bahan ajar dikategorikan sangat baik dan layak digunakan.